hero
Ojek gendong membawa penumpang kapal. (NETZ/Mahfudz)

EDITOR : TITO SIANIPAR

20 Juni 2017, 17:55 WIB

JAWA TIMUR, INDONESIA

Arus mudik Lebaran selalu menyediakan pekerjaan-pekerjaan tambahan dan memberikan rejeki bagi pekerjanya. Salah satunya adalah ojek gendong di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur.

Ojek gendong adalah jasa menggendong orang yang hendak menuju kapal. Jasa ini dibutuhkan karena tidak ada dermaga yang bisa dihampiri kapal sehingga penumpang harus tergenang air setinggi paha guna mencapai kapal.

Kebutuhan penumpang agar tidak basah ini dibaca sebagian pekerja kuli angkut dan nelayan yang ada di sana. Mereka menawarkan jasa ojek gedong bagi warga Madura yang akan pulang ke kampung halamannya dengan menggunakan kapal.

Aktivitas ojek gendong di Pelabuhan Jangkar. (NETZ/Mahfudz)

"Kalau tidak digendong, kami basah semua pakaian karena terkena air,” kata Mely, salah satu pemudik yang ditemui NETZ, Selasa, 20 Juni 2017. Perempuan yang bekerja di Bali itu membayar Rp 10 ribu untuk jasa gendongan.

Berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai, masing-masing kuli ojek gendong mengangkut pelanggan mereka. Yang mereka angkut beragam, mulai dari orang, koper, hingga sepeda motor.

Sepeda motor juga digendong. (NETZ/Mahfudz)

Didik, salah seorang ojek gendong, mengatakan arus mudik Lebaran membawa berkah bagi kuli angkut pelabuhan. Mereka mendapatkan pekerjaan tambahan sebagai ojek gendong. "Sehari saya bisa dapat Rp 70 ribu," kata dia.

Menurut Didik yang juga koordinator pekerja pelabuhan, di pelabuhan tradisional Jangkar ada sekitar 20 orang pekerja. Mereka berbagi tugas dan rejeki. “Sistem kami gantian setiap harinya,” katanya.

Aktivitas ojek gendong. (NETZ/Mahfudz)

Fenomena ojek gendong ini memang jadi kebiasaan setiap ada kapal yang akan berlayar ke Madura. Namun musim mudik Lebaran dan arus balik, mereka selalu kelimpahan rejeki. “Ini jadi penghasilan tambahan kami jelang Lebaran,” pungkas Didik.

MAHFUDZ SUNARJIE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments