hero
Sejumlah penumpang turun dari Balikpapan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Minggu. (ANTARA)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

18 Juni 2017, 20:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak arus mudik terjadi tiga hari menjelang Lebaran Tahun 2017 (1438 H).

"Kalau sekarang mungkin H-3, karena ada libur tambahan. Saya bahagia itu sesuai dengan doa saya, bagaimana mudik bisa dimajukan," kata Budi di Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Minggu, 18 Juni 2017.

Menhub Budi Karya Sumadi menyapa pemudik di atas kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu lalu. (ANTARA)

Perkiraan Budi itu dengan memperhitungkan cuti tambahan bagi pegawai negeri sipil yang dikeluarkan pemerintah. Menurut Budi, tambahan cuti membuat pilihan waktu mudik jadi lebih banyak.

"Saya imbau, sebagian anak-anak sekolah sudah libur, kalau tanggal 19 sudah bisa pulang itu alangkah indahnya. Jadi yang mudik terbagi dengan yang tanggal 22 dan 23," tambah Budi.

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Minggu. (ANTARA)

Kemenhub sudah menyiapkan berbagai terobosan agar mudik tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Untuk transportasi udara, Kemenhub telah menambah waktu operasi di berbagai bandara. Ada beberapa bandara yang beroperasi selama 24 jam.

"Dengan adanya penambahan jam operasi itu memungkinkan operator penerbangan menambah jam penerbangan. Jika ada keterlambatan tidak menimbulkan stagnasi," ujar Budi.

Sejumlah penumpang berjalan di area parkir pesawat saat tiba di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Minggu. (ANTARA)

Sementara untuk jalur darat, Kemenhub mengalokasikan beberapa rangkaian kereta tambahan. Kemenhub juga telah melaksanakan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) pada masing-masing moda transportasi darat.

Budi menjelaskan, bus yang lolos ramp check ditempeli stiker biru. "Stiker biru jadi syarat untuk mengoperasikan bus. Kami menghimbau kepada pemudik, bus yang tidak ada berstiker, jangan dinaiki. Kami minta ke polisi, bus tidak berstiker dapat dihentikan," tambahnya.

Sejumlah penumpang KM Dobonsolo mengambil sepeda motor untuk melanjutkan perjalanan mudik ke kota tujuan usai tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Minggu. (ANTARA)

Budi juga mengimbau, agar pengguna motor dapat memanfaatkan fasilitas mudik gratis dengan kapal dan kereta api. Meski cukup diminati, Budi berharap transportasi laut bisa menjadi primadona untuk mudik tahun depan. Saat ini fasilitas mudik via kapal laut baru mengandalkan 30 ribu hingga 50 ribu kapasitas kapal. Budi berharap tahun depan kapasitas dapat bertambah 2 hingga 10 kali lipat.

ARKAN DANU

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments