hero
Putri Diana semasa hidup bersama William dan Harry. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

17 Juni 2017, 04:05 WIB

INGGRIS

Andrew Morton merilis ulang buku "Diana, Her True Story" untuk memperingati 20 tahun kematian Putri Diana pada Agustus 2017 mendatang. Bedanya, buku paling laris di tahun 1992 ini, diterbitkan ulang dengan transkrip audio yang direkam Putri Diana sendiri 25 tahun lalu.

Buku itu salah satunya berisi stori bagaimana Pangeran Charles tidak mengharapkan Harry lahir karena menginginkan anak perempuan. Diana yang sudah mengetahui hasil scan bahwa anak keduanya adalah laki-laki, merahasiakannya dari Charles.

"Ya Tuhan, dia seorang laki-laki," ucap Diana dalam rekaman, menirukan Charles ketika Harry lahir. "Bahkan dia punya rambut bewarna merah," lanjut Charles. Transkripan itu ditulis ulang laman Daily Mail pada Kamis, 15 Juni 2017.

Diana dan Charles pada 1986. (WIKIMEDIA)

Buku "Diana, Her True Story" dirilis perdana pada 1992 dan menyebabkan kegaduhan di Kerajaan Inggris. Buku setebal 464 ini, tak hanya berisi pergulatan hidup Putri Diana menghadapi bulimia atau gangguan makan, tapi juga berisi perselingkuhan Pangeran Charles dengan Camilla Parker Bowles, bahkan sejak sebelum mereka menikah.

Kehebohan sempat muncul untuk mencari-cari asal informasi bagi Morton, karena sebenarnya Diana tak pernah berjumpa jurnalis kelahiran 1953 itu. Belakangan diketahui, Diana sendiri yang merekam kisah hidupnya itu melalui audio berdurasi tujuh jam dan disampaikan ke Morton melalui seorang perantara.

Perbandingan Diana dan Camilia bersama Charles. (EXPRESS)

Melalui transkrip yang disiarkan pertama kali di Daily Mail itu, nampak bagaimana penderitaan Diana yang bergumul dengan tugas sebagai Princess of Wales, suami yang tidak setia, dan gangguan makan (bulimia) yang menghancurkan tubuhnya.

Saat itu, setelah buku ini terbit, Diana dan Charles memutuskan pisah rumah di usia pernikahan mereka memasuki tahun ke-10. Pasangan yang dikarunia dua anak ini, Pangeran William dan Pangeran Harry, bercerai lima tahun kemudian. 

Harry bersama pasangan William dan Kate. (WIKIMEDIA)

Sejak itu, Diana membenamkan diri dan baru muncul pertama kali ke publik setahun berikutnya pada 1997. Di tahun yang sama, Diana yang berusia 36 tahun tewas dalam kecelakaan di Paris, Prancis.

Dalam salah satu transkrip, terungkap kemarahan Diana bahwa Charles mengirimi Camilla gelang dua pekan sebelum pernikahan. Gelang rantai emas dengan piringan enamel biru. Ada ukiran 'G dan F' terjalin di dalamnya, 'Gladys' dan 'Fred', yakni nama hewan peliharaan mereka masing-masing.

Prosesi pemakaman Diana pada 1997. (WIKIMEDIA)

Dalam bagian lain yang diterbitkan di Mail Today, Diana mengungkapkan bahwa dia pernah melakukan percobaan bunuh diri pertamanya beberapa minggu setelah pernikahan. Dia menebas pergelangan tangannya saat mereka tinggal di Balmoral di Skotlandia. "Saya sangat depresi," kata dia.

DAILY MAIL | THE DAILY BEAST

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments