hero

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

14 Juni 2017, 07:20 WIB

AMERIKA SERIKAT

Beberapa orang tidak terlalu menyukai bentuk tubuhnya yang seperti buah pir. Sebab biasanya, bentuk tubuh buah pir membuat bagian pinggul bawah dan bokong jadi tampak besar.

Jenis bentuk tubuh pir. (PINTEREST)

Namun, penelitian terbaru membuktikan bahwa ternyata bentuk tubuh buah pir memiliki risiko diabetes dan penyakit jantung yang lebih kecil. Sebaliknya, sebanyak lebih dari 430.000 orang dengan bentuk tubuh apel yang diteliti, justru memiliki risiko kolestrol dan darah tinggi yang lebih besar.

Berkacalah! cari tahu apa jenis bentuk tubuhmu. (DAILY MAIL)

Lingkar pinggang tubuh apel biasanya cenderung lebih lebar dan lebih proporsional dengan lebar pinggul. Itu karena lemak tersebar lebih banyak di area dekat organ vital pencernaan dalam perut dibanding di area paha atau pinggul. Lemak tersebut menghasilkan hormon dan zat kimia yang dapat mengganggu tekanan darah, tingkat gula darah, dan kerja hormon insulin.

Jenis bentuk tubuh apel. (FAIRLADYHEALTH)

Sampai saat ini, penelitian hanya menunjukkan kaitan antara tubuh apel dengan penyakit jantung koroner dan diabetes tipe 2. Dr. Sekar Kathiresan dari Rumah Sakit Umum Massachusetts menyatakan ada beberapa kesimpulan dari penelitian ini.

Bentuk tubuh apel lebih berisiko terkena diabetes. (MEDICAL SECRETS)

Pertama, adanya hubungan antara gen seseorang yang menentukan bentuk tubuhnya yang kemudian berkaitan dengan risiko penyakit kardiometabolik. Kedua, risiko penyakit jantung koroner dan diabetes tipe 2 tidak hanya dilihat dari indeks massa tubuh, tetapi juga penyebaran lemak tubuh.

Bentuk tubuh apel juga lebih rentan terkena penyakit jantung koroner. (PINTEREST)

Terakhir, rasio ukuran pinggang dan pinggul dapat mendukung indeks massa tubuh untuk menjadi tolok ukur tindakan pencegahan penyakit jantung koroner dan diabetes tipe 2. Ya, Penemuan tentang kaitan bentuk tubuh dengan risiko penyakit ini didasarkan pada hasil dari empat penelitian sebelumnya.

Gaya hidup sehat dapat mencegah risiko berbagai penyakit. (PIRANDELLO)

Penelitian tersebut dilakukan dalam jangka tahun 2007 hingga 2015. Coba perhatikan, apakah bentuk tubuhmu? Kalau bentuk apel, waspadai risiko penyakit-penyakit tersebut dan mulailah hidup lebih sehat ya.

 

DAILYMAIL UK| THE HEALTH SITE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments