hero

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

13 Juni 2017, 21:00 WIB

SUMATERA BARAT, INDONESIA

Suasana perbukitan dan jajaran air terjun yang deras siap menyambut kamu di Lembah Harau, Sumatera Barat. Sejak tanggal 10 Januari 1993, wilayah ini telah ditetapkan pemerintah sebagai Cagar Alam dan Suaka Margasatwa.

Dan, kini Lembah Harau sembakin berbenah, bahkan menjadi salah satu lokasi wisata favorit yang terletak di dataran tinggi yang sejuk. Perjalanan 1,5 jam dengan kendaraan bermotor dari kota Bukittinggi pemandangan akan dihiasai hamparan sawah dan ladang yang hijau menyejukkan mata. Kondisi jalanannya pun sudah cukup baik sehingga perjalanan semakin aman dan nyaman.

Perjalanan menuju Lembah Harau. (NET CJ/ Melfi Abra)

Salah satu bukit yang ada di Lembah Harau adalah Bukit Cadas yang amat terjal. Kemiringannya yang hampir mencapai 90 derajat membuat kesan seakan kamu sedang berjalan di dalam lorong berbatu besar.

Bukit-bukit batu pun berjajar dengan harmonis dan menjulang hingga ketinggian 300 meter. Dinding bukit yang terjal menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar olahraga panjat tebing.

Air terjun Lembah Harau. (NET CJ/ Melfi Abra)

Tak hanya bukit-bukit batunya yang menawan, tetapi juga air terjun deras di sekelilingnya. Di Lembah Harau kamu bisa mendapatkan enam air terjun. Empat di antaranya adalah air terjun yang paling deras.

Kamu bisa outbond juga di sini. (NET CJ/ Melfi Abra)

Keempat air terjun deras tersebut dikenal penduduk setempat dengan sebutan Sarasah Murai, Sarasah Bunta, Sarasah Luluih, dan Sarasah Aka Barayun. Aliran air terjun ini begitu deras karena terlempar dari ketinggian tebing 60 sampai 100 meter.

Kamu juga bisa berenang di air terjun yang ada di Lembah Harau. (NET CJ/ Melfi Abra)

Derasnya air terjun pun dimanfaatkan pengunjung untuk berenang dan outbond. Di kawasan cagar alam seluas 669 hektar ini kamu juga bisa bermain sampan di sungai kecil, aliran sarasah-sarasah tersebut.

Untuk masuk ke wilayah Lembah Harau kamu hanya akan dikenakan tiket Rp 5.000 per orang. Selamat mengeksplor keindahan alam Lembah Harau!

 

NET CJ MELFI ABRA

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments