hero
(The Huffington Post)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

11 Juni 2017, 10:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Ada banyak hal yang bisa kita donasikan, asalkan mau berbagi. Seperti yang dilakukan Phoebo Kannisto dan enam anak laki-lakinya yang menyumbangkan rambut mereka. Ibu dan anak-anak ini bahkan sengaja tidak memotong rambut selama bertahun-tahun agar ukuran rambut yang diberikan bisa lebih panjang.

Dilansir dari The Huffington Post pada 27 April 2017, ide ini muncul setelah teman Kannisto kehilangan anak laki-lakinya yang kembar dan meninggal karena kanker. Kannisto merasa senasib karena dia juga memiliki sepasang anak kembar dan tiga orang anak kembar triplet.

Phoebo Kannisto dan enam anak laki-lakinya yang menyumbangkan rambut. (ABC News)

Di tahun 2015, Kannisto mulai menyumbangkan rambutnya dan tiga anak laki-lakinya yang tertua, termasuk si kembar. Pada tahun 2017 ini, ketiga anak kembar tripletnya mulai ikut mendonasikan rambut mereka. Kannisto sendiri sudah mulai menyumbangkan rambut sejak usia remaja.

Kannisto sengaja menunggu beberapa tahun agar rambutnya dan keenam anaknya cukup panjang. Setelah itu, mereka langsung memangkas rambut ke Salon Hizair Hair. Salon ini sendiri menggratiskan ongkos potong rambut Kannisto dan anak-anaknya, setelah mengetahui tujuan mereka untuk beramal.

Phoebo Kannisto dan enam anak laki-lakinya saat memotong rambut. (The Huffington Post)

Hasilnya, mereka berhasil mengumpulkan rambut sepanjang 17 kaki atau sekitar 5,1 meter yang diberikan ke Children with Hair Loss. Organisasi ini menyediakan rambut pengganti untuk anak-anak yang kehilangan rambut mereka akibat penyakit, termasuk kanker.

Tindakan Kannisto menarik simpati bosnya yang juga terdorong untuk mendonasikan rambut kepada mereka yang membutuhkan. Di sisi lain, ada juga yang mencibir keluarga Kannisto. Terutama dari teman-teman anaknya yang menilai penampilan mereka aneh dengan membiarkan rambutnya tumbuh panjang.

Rambut Phoebo Kannisto dan enam anak laki-lakinya yang telah dipotong. (The Huffington Post)

Tapi hal itu enggak menghentikan Kannisto dan anak-anaknya untuk tetap menyumbangkan rambut. Mereka bahkan sudah memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut agar bisa didonasikan lagi.

Wanita asal Buffalo, New York ini mengaku bangga dengan tindakan keenam anak laki-lakinya. Kannisto juga akan mengajak anak perempuannya yang paling kecil agar mengikuti kegiatan amal ini.

THE HUFFINGTON POST  | ABC NEWS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments