hero
Ilustrasi kanker serviks. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

10 Juni 2017, 18:05 WIB

INDONESIA

Selebriti Julia Rahmawati atau biasa dikenal Julia Perez dan akrab disapa Jupe menghembuskan napas terakhirnya hari ini. Jupe meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo akibat kanker serviks yang lama dideritanya.

Mengutip jurnal medis Centers for Disease Control and Prevention pada Sabtu, 10 Juni 2017, kanker yang diderita Jupe disebabkan pertumbuhan sel tidak wajar di bagian mulut rahim. Penyakit itu sebagian besar akibat human papillomavirus.

Ilustrasi kanker serviks (JOURNAL)

 

Puru ajal itu tumbuh di bagian saluran yang menghubungkan antara vagina dan uterus. Ketumbuhan ini menyerang wanita yang sering melakukan hubungan seks lebih dari satu pasangan dan perokok aktif.

Jupe, mengidap kanker serviks stadium empat. Itu artinya sel mematikan di dalam rahimnya sudah semakin ganas dan rasa sakitnya telah menyebar sampai ke saraf bahkan pendarahan yang luar biasa.

Berikut ini, ada hal penting tentang kanker serviks yang harus diketahui.

1. Penyakit mematikan untuk wanita

Data penderita kanker serviks di Indonesia masih belum jelas. Namun angkanya diperkirakan 100 orang per 100 ribu penduduk. Berdasarkan data di Rumah Sakit Kanker Dharmais, jumlah penderita kanker serviks ada di peringkat kedua. Di nomer satu adalah pasien kanker payudara. Untuk dua penyakit ini, pada 2015 Kementerian Kesehatan menggelar gerakan nasional pencegahan dan deteksi dini.

2. Menyerang organ reproduksi

Serviks adalah nama lain untuk leher rahim. Leher rahim sendiri ada di antara vagina dan rahim. Saat di leher rahim itu muncul sel-sel yang tumbuh dengan tidak normal, bisa jadi itulah tahap awal kanker serviks menyerang. Sayangnya, sebagian besar pasien kanker serviks baru datang ke dokter saat stadium lanjut.

Kanker serviks menyerang organ reproduksi wanita. Meski mematikan, pertumbuhan sel kanker serviks bisa dideteksi sejak dini. (kankerserviks.com)

 

3. Penyebabnya adalah virus

Nama virus penyebab kanker serviks adalah Human Papiloma Virus. Virus ini ditularkan secara seksual. Selain menular secara seksual, beberapa hal yang membuat seorang wanita beresiko mengidap kanker serviks adalah memulai aktivitas seksual di usia muda dan suka berganti-ganti pasangan seks.

4. Bisa dicegah

Tanda awal kanker serviks adalah tumbuhnya sel-sel yang tidak normal di leher rahim. Sel yang tidak normal itu butuh waktu beberapa tahun untuk berubah menjadi sel kanker. Nah, keberadaan sel-sel abnormal itu bisa diketahui dengan tes yang disebut pap smear test.

DEPKES |  CDC

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments