Saat mengheningkan cipta untuk korban teror London. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

9 Juni 2017, 15:40 WIB

AUSTRALIA

Insiden memalukan terjadi pada pertandingan sepak bola antara Australia melawan Arab Saudi pada Kamis, 8 Juni 2017. Tim nasional Saudi menolak melakukan penghormatan dengan mengheningkan cipta terhadap korban serangan teror London.

"Dengan sangat menyesal, kami meminta maaf atas kesalahan yang terjadi," demikian pernyataan Federasi Sepakbola Arab Saudi, dikutip dari Associated Press, 9 Juni 2017. Renungan selama satu menit itu dilakukan sebelum pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Australia dimulai.

Serangan teroris di London itu menyebabkan 8 orang tewas, dua di antaranya warga Australia yakni Kirsty Boden dan Sara Zelenak. Seluruh pemain Australia dan suporter hening selama satu menit. Sebelas pemain Australia berbaris di tengah lapangan dengan saling berangkulan.

Moment of silence di Stadion Adelaide Oval. (THE STAR)

Sebaliknya, tim Arab Saudi mengabaikan seruan itu.  Mereka malah menyebar ke lapangan, ada yang berkerumun, dan tetap bergerak meski seisi Stadion Adelaide Oval itu diam. Bahkan di video yang beredar, ada pemain Saudi yang malah sibuk mengikatkan tali sepatu.

Federasi Sepakbola Saudi mengklarifikasi, bahwa pemain tersebut tidak bermaksud menyinggung keluarga dan teman korban. "Kami mengecam semua tindakan terorisme dan ekstremisme dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga semua korban."

Saat semua diam, pemain Saudi bergerak-gerak. (AP)

Federasi Sepak Bola Australia (FFA) menyatakan ada kesepakatan dengan tim Saudi untuk mengheningkan cipta bagi korban terorisme London. Belakangan tim Saudi mengatakan bahwa hal itu tidak sesuai dengan budaya di negara mereka. 

Wakil Perdana Menteri Australia Barnaby Joyce mengatakan bahwa dia mengharapkan pemerintah Arab Saudi akan menegur tim tersebut. "Bila Anda berada di negara lain, Anda harus menghormati isu-isu yang penting bagi mereka," kata Joyce di ABC News.

Ulah pemain tim Saudi itu memantik reaksi dari politisi Australia. Politisi Buruh senior Australia, Anthony Albanese mengatakan perbuatan itu sebagai, "Penghinaan terhadap rasa hormat yang memalukan." Kelakuan timnas Saudi juga mendapat kecaman luas netizen.

Pemain Australia merayakan gol pertama. (REUTERS)

Australia memenangi pertandingan dengan skor 3-2, bersama Arab Saudi dan Jepang di puncak grup kualifikasi. Poin antara ketiga tim itu sama-sama 16. Dua tim teratas akan lolos langsung ke Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia.

AP | BBC | ABC NEWS

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments