hero
Megawati Soekarnoputri usai dilantik sebagai pengarah UKP PIP oleh Presiden Joko Widodo. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

7 Juni 2017, 13:20 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo melantik Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebagai pengarah pada Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP). Megawati ditunjuk Jokowi bersama delapan tokoh nasional lainnya.

Mereka adalah Try Sutrisno, Mahfud Md, Ahmad Syafii Maarif, Maruf Amin, Said Aqil Siradj, Andreas Anangguru Yewangoe, Wisnu Bawa Tenaya dan Sudhamek. Pelantikan digelar di Istana Negara, Rabu, 7 Juni 2017.

Megawati bersama delapan pengarah UKP PIP. (SETKAB)

Pelantikan itu berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2017 yang diteken Jokowi pada 19 Mei 2017. Jokowi di kesempatan yang sama juga melantik Yudi Latif sebagai Ketua Pelaksana Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Usai dilantik Yudi meminta masyarakat jangan terlalu berharap lebih pada lembaga yang dipimpinnya. "Karena kewenangannya juga tidak bergitu luas. Lebih pada fungsi koordinasi dan pengendalian, pembenahan, pengajaran Pancasila."

Yudi Latif, usai dilantik sebagai Ketua UKP PIP oleh Presiden Joko Widodo. (SETKAB)

Yudi juga mengatakan tugas utama dia dalam memimpin lembaga barunya adalah membuat bulan Pancasila. "Hari kelahiran Pancasila pada 1 Juni sampai rumusan final pada 18 Agustus, momen ini bisa kita jadikan bulan Pancasila."

Untuk bisa menerapkan hal itu, dia akan melibatkan peran komunitas-komunitas di setiap daerah. "Bulan Pancasila itu nantinya bukan hanya seremonial, tapi betul-betul setiap pihak mengamalkan Pancasila dalam laku dan kehidupan."

Megawati bersama delapan pengarah UKP PIP. (ANTARA)

 

Sedangkan Megawati usai dilantik Jokowi belum memiliki rencana ke depan untuk lembaga yang baru didukinya. Mega mengatakan akan menggelar rapat dengan seluruh pejabat yang ada di UKP PIP.

LUQMANUL HAKIM | SETKAB

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments