hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

5 Juni 2017, 17:00 WIB

INDONESIA

Bagi sebagian orang, puasa di bulan Ramadan bisa menjadi cara jitu untuk diet dan menurunkan berat badan. Tapi, ada juga yang berpuasa justru berat badannya malah naik. 

Naik atau turunnya bobot tubuh seseorang saat puasa, sangat tergantung dari apa yang dikonsumsi. Kalau makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah makanan yang tidak sehat, tentu berat badan bisa naik. 

Kebiasaan mengonsumsi makanan berlebih saat berbuka puasa juga bisa menjadi penyebab lainnya. Nah, buat kamu yang ingin mengurangi bobot tubuh sambil berpuasa, ini tipsnya!

Minum air putih yang cukup.

(AL ARABIYA)

Setelah seharian berpuasa, tubuh membutuhkan banyak cairan agar tidak dehidrasi. Minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa dapat membantu mengendalikan keinginan kamu untuk mengonsumsi penganan yang mengandung gula.

Kamu bisa meminum dua gelas air putih saat berbuka dan dua gelas lainnya ketika sahur. Di malam hari, selepas berbuka hingga sebelum tidur, kamu bisa mengonsumsi empat gelas air putih. 

Berbuka dengan makanan seimbang.

(AL ARABIYA)

Setelah menahan lapar dan haus, kamu mungkin kalap saat berbuka. Kamu seolah ingin makan semua makanan yang ada. Saat puasa, metabolisme kamu melambat dan kebutuhan akan energi juga menurun.

Satu buah kurma untuk membatalkan puasa sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan gula. Setelah itu, kamu bisa mengonsumsi seporsi kecil sup, diikuti salad atau sayuran. Ingat, hindari makanan berkarbohidrat tinggi.

Wajib sahur.

Sebesar apapun keinginan kamu untuk mengurangi bobot tubuh, jangan menjadi alasan untuk tidak sahur ya. Enggak makan sahur malah akan membuat kamu kelaparan dan cenderung makan berlebihan saat berbuka puasa.

Tetap beraktivitas.

(AL ARABIYA)

Puasa juga bukan alasan untuk bermalas-malasan loh. Setelah berbuka, kamu dapat berolahraga selama 30 menit di rumah. Misalnya dengan melakukan squats, sit-ups, lunges, dan burpees.

Jauhi makanan mengandung gula tinggi.

(AL ARABIYA)

Ini nih penyebab utama bobot tubuh kamu bertambah saat puasa. Pastikan kamu mengonsumsi gula alami seperti yang berasal dari buah segar, buah kering, dan madu.

AL ARABIYA | ARAB NEWS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments