EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

5 Juni 2017, 05:05 WIB

KAB. KLATEN, INDONESIA

Buat kamu para pecinta sepeda, pasti sudah enggak asing lagi dengan sepeda tipe chopper. Sepeda yang masuk dalam kategori lowrider ini biasanya terbuat dari bahan dasar besi.

Namun di desa Tambakan, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah terdapat sebuah sepeda chopper yang terbuat dari bahan dasar kayu. Ide kreatif ini muncul dari tangan seorang pria yang putus sekolah bernama Sarijo.

Sarijo pembuat sepeda chopper. (NET.CJ/Awhan Satriyo)

Sarijo yang juga berprofesi sebagai tukang kayu ini sehari-harinya membuat pesanan pintu, jendela dan aneka furnitur. Melihat banyaknya kayu yang tersisa, pria berusia 45 tahun ini pun berinisiatif untuk membuat sepeda ini.

Sehabis menyelesaikan pesanan, Sarijo mengumpulkan kayu sonokeling, bangkirai, nangka, dan jati untuk dipotong dan dibentuk kerangka sepeda. Setelah terbentuk, ia pun menambahkan rantai dan gir yang sebelumnya telah ia beli.

Sepeda chopper. (NET.CJ/Awhan Satriyo)

Dibantu oleh anak semata wayangnya, sepeda yang menghabiskan modal Rp 1 juta ini pun selesai lima bulan yang lalu. Karya seninya yang unik ini nyatanya cukup menarik minat banyak orang.

Bahkan ada sebagian warga yang memanfaatkan sepeda tersebut sebagai objek untuk berfoto. Menurut Sarijo, sepeda tersebut sempat ditawar oleh seorang pembeli dengan harga Rp 3 juta. Namun ia belum ingin melepas sepeda tersebut dan ingin menyempurnakannya terlebih dahulu.

NET. CJ AWHAN SATRIYO

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments