hero
Ilustrasi persekusi. (PIXABAY)

EDITOR : TITO SIANIPAR

3 Juni 2017, 10:35 WIB

INDONESIA

Maraknya kasus persekusi karena status di media sosial, terutama Facebook, patut menjadi perhatian polisi. Menurut Statuta Roma, persekusi tergolong kejahatan terhadap kemanusiaan.

"Indonesia adalah salah satu negara yang meratifikasi Statuta Roma mengenai perlindungan hak ekonomi, sosial, dan budaya," kata Damar Juniarto, Koordinator Regional SAFENET, Jumat, 2 Juni 2017.

"Di dalam aturan tersebut jelas disebut bahwa persekusi termasuk kejahatan terhadap kemanusiaan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan tindakan untuk menghentikan persekusi ini," imbuh Damar.

SAFENET atau Southeast Asia Freedom of Expression Network yang tergabung dalam Koalisi Anti-Persekusi mengapresiasi tindakan Polda menciduk persekutor di Cipinang Muara. "Ini yang diharapkan oleh warga yang mendamba keadilan," tulis rilis Koalisi.

Dua tersangka persekusi di Cipinang Muara, diborgol. (ANTARA)

Seorang bocah berusia 15 tahun, PMA, menjadi korban persekusi simpatisan Front Pembela Islam karena statusnya di Facebook. Kejadian itu mendapat perhatian polisi setelah videonya viral di internet.

Selain Cipinang Muara, insiden persekusi oleh FPI juga terjadi pada dokter Fiera Lovita di Solok, Sumatera Barat. Dua kasus ini menjadi pemberitaan dan menyita perhatian publik.

Menurut Koalisi Anti-Persekusi seharusnya polisi seluruh wilayah Indonesia bertindak seperti Polda Metro Jaya. "Untuk melindungi warga dari tindak pidana persekusi dan menindak tegas para pelaku sesuai undang-undang," tulis rilis.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia menilai persekusi tidak boleh dilakukan terhadap siapapun. "Persekusi itu adalah tindakan yang tidak dibenarkan," kata komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

JANUAR YUDHA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments