hero
Ilustrasi media sosial. (FLICKR)

EDITOR : REZA ADITYA

2 Juni 2017, 01:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Seorang pemuda berusia 15 tahun diduga menjadi korban persekusi oleh oknum yang mengaku simpatisan Front Pembela Islam. Jejaka itu berinisial PMA, warga Cipinang Muara, Jakarta Timur.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan pelaku persekusi pemuda itu sudah ditangkap.

"Ya, sudah ditangkap terkait video viral intimidasi terhadap PMA," kata Argo, dalam keterangannya, Kamis, 1 Juni 2017. "Terduga atas nama Ucin alias Mat Husin."

Bocah yang diduga menjadi korban persekusi akibat postingan Facebook. (ISTIMEWA)

 

Insiden persekusi itu terjadi setelah PMA mengunggah sebuah pernyataan di akun Facebook miliknya. Unggahan itu menyinggung pimpinan FPI Rizieq Shihab.

Postingan PMA kemudian diviralkan pada 26 Mei 2017. Sejumlah orang yang diduga simpatisan ormas  mencari sang bocah pengunggah.

Pada 29 Mei 2017, kediaman PMA di Cipinang Muara didatangi sejumlah massa. Mereka berniat mengklarifikasi maksud unggahan pemuda itu.

PMA, bocah yang diduga jadi korban persekusi ditampar saat diinterogasi. (ISTIMEWA)

 

Menurut Argo, ketua rukun warga setempat kemudian langsung melakukan mediasi PMA dengan massa di kantornya. Dalam mediasi tersebut, PMA sempat ditampar dua kali oleh salah seorang massa.

Video penamparan itu menjadi viral di media sosial. Dari video itu, PMA terlihat dikerumuni sekelompok orang. Dia diminta untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia Asfinawati mengapresiasi langkah Polri yang langsung menangkap pelaku penamparan terhadap PMA. Dia juga berharap Polri menangkap aktor intelektualnya.

Bocah yang diduga menjadi korban persekusi akibat postingan Facebook. (ISTIMEWA)

 

"Kami ingin Polri juga mengusut aktor intelektualnya," ujar Asfinawati. "Jangan-jangan pelaku persekusi ini juga korban dari penyesatan informasi."

Juru bicara DPP FPI Slamet Maarif belum bisa dimintai komentarnya terkait masalah ini. Pesan singkat dan telepon NET.Z hingga berita ini diturunkan tak kunjung dijawab.

JANUAR YUDHA

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments