hero

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

1 Juni 2017, 15:15 WIB

KANADA

Perempuan yang baru didiagnosa menderita kanker payudara tentunya akan merasa sangat terpukul. Psikologis terganggu dan kehilangan semangat hidup. Tidak mudah memang menghadapi kenyataan tersebut, namun come on! Dunia belum berakhir.

Setiap perempuan pasti shock menerima kenyataan dirinya mengidap kanker payudara. (USRECALLNEWS)

Then, look at you now! kamu masih hidup, dan mempunyai kesempatan untuk memiliki umur panjang dan berkualitas. Salah satu yang bisa dilakukan untuk kesehatan tubuhmu, selain pengobatan kemoterapi dan radiasi, ada baiknya kamu merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Salah satunya adalah berolahraga.

Jangan pernah putus harapan, selalu ada jalan untuk sembuh!(NETWORKEDINDIA)

Dr Ellen Warner dari Odette Cancer Centre di Toronto menyatakan, perempuan yang menderita kanker payudara harus beroahraga teratur dan mencegah naiknya berat badan. Warner dan koleganya menganalisa 70 artikel kesehatan untuk melihat dampak modifikasi gaya hidup dengan kesehatan penderita kanker payudara.

Hasilnya menunjukkan, bahwa aktivitas fisik yang teratur dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker payudara hingga 40 persen. Olahraga teratur cukup dilakukan sebanyak 150 menit dalam seminggu, atau sekitar 20 menit per hari.

Aktivitas fisik yang teratur dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker payudara hingga 40 persen. (MEDICAL DAILY)

Sayangnya, masih kurang dari 13 persen perempuan penderita kanker payudara yang memenuhi kebutuhan olahraga tersebut. Menurut Warner, olahraga memberi dampak paling signifikan untuk mengurangi risiko kambuhnya kanker payudara, dan risiko kematian akibat kanker payudara.

Olahraga juga membuat berat badan lebih stabil, serta mengurangi efek samping kemoterapi, radiasi, dan terapi hormon pada penderita. Penderita kanker payudara tidak perlu melakukan diet ekstrem terhadap makanan tertentu seperti daging, gula, atau susu.

Olahraga dapat mengurangi efek samping kemoterapi dan radiasi pada penderita kanker payudara. (THE BREAST CARE SITE)

Diet ekstrem belum terbukti secara ilmiah memberi dampak efektif pada penderita. Cukup olahraga teratur dan menjaga asupan nutrisi secukupnya. Selain itu, perlu diingat bahwa gaya hidup sehat serta olahraga teratur bukanlah pengganti pengobatan medis.

Yang harus dilakukan adalah menjalankan keduanya secara berdampingan. Kebiasaan buruk seperti merokok juga harus dihentikan agar tidak menimbulkan komplikasi penyakit lainnya pada penderita kanker payudara.

FOX NEWS | HUFFINGTON POST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments