hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

31 Mei 2017, 17:00 WIB

INDONESIA

Kafein yang terdapat dalam teh dan kopi sebenarnya bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan kinerja tubuh. Bagi sebagian orang, kafein bahkan sangat dibutuhkan terutama ketika berpuasa.

Tapi hati-hati, di balik kemampuan kafein untuk mengembalikan energi dan menghilangkan kantuk, ada dampak negatifnya. Jika dikonsumsi berlebihan, kafein akan meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Dampak paling fatal, tentu bisa menyebabkan kematian.

Teh. (PIXABAY)

Tapi bagi kamu pencinta minuman berkafein, kamu enggak perlu khawatir. Kasus kematian akibat konsumsi kafein berlebihan sangat jarang terjadi. 

Batas normal mengonsumsi kafein yaitu sekitar 400 miligram atau setara 4 hingga 5 gelas kopi sehari bagi orang dewasa. Sedangkan bagi wanita hamil dan menyusui, batas maksimal konsumsi kafein yaitu 200 miligram sehari atau antara 2 hingga 3 gelas kopi.

Kopi. (THE LIST)

Lalu bagaimana seharusnya kita mengonsumsi minuman berkafein di bulan Ramadan?

Minum Setelah Makan Sahur.

Kamu boleh minum kopi atau teh saat sahur. Usahakan mengonsumsinya hanya secangkir dan setelah makan sahur. Kafein akan menjadi penambah energi kamu untuk beraktivitas di pagi hari. 

Minum Satu Jam Setelah Berbuka Puasa.

Meski mengandung kafein, kamu mungkin bisa langsung mengonsumsi teh ketika waktu berbuka puasa tiba. Tapi untuk kopi, lebih baik kamu memberi jarak waktu selang satu jam setelah berbuka.  Usahakan perut kamu diisi dengan makanan utama sebelum mengonsumsi kopi saat buka puasa. 

Imbangi dengan Air Putih.

Imbangi asupan kafein dari kopi dan teh dengan air putih. Air akan menjadi penyeimbang agar tubuh kamu enggak dehidrasi setelah seharian berpuasa. 

(BRIGHT AND EARLY COFFEE)

THE GUARDIAN | HEALTH LINE | REFINERY 29

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments