hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

30 Mei 2017, 20:10 WIB

MALUKU, INDONESIA

Pulau Kassa adalah salah satu pulau kecil tak berpenghuni, yang terletak di Provinsi Maluku, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kecamatan Seram Barat Piru. Luas pulau sekitar 1.100 hektar dan sudah menjadi Suaka Margasatwa Taman Kaut Pulau Kassa. Disini terdapat puluhan habitat satwa yang dilindungi, seperti Burung Maleo, Kus Kus, Biawak Ambon, penyu, dan sebagainya. Selain itu habitat lautnya juga masih terjaga.

Pulau Kassa, pulau tak berpenghuni di Maluku. (CJ SIGIT KRISTIYANTO)
 

Meskipun sudah berstatus lokasi Suaka Margasatwa, pemerintah setempat menjadikan Pulau Kassa sebagai kawasan wisata terbatas. Artinya, kamu boleh menikmati keindahan pulau tersebut, namun dilarang untuk kegiatan berburu.

Musim terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah antara bulan Maret sampai dengan Agustus. Saya dan teman-teman mencoba menikmati indahnya pulau Kassa dengan cara yang berbeda, yaitu berkemah selama 2 hari 1 malam.

Nikmati pulau dengan berkemah bersama teman-teman. (CJ SIGIT KRISTIYANTO)
 

Indahnya pasir putih, jernihnya air laut, mengundang kami bermain air! Snorkeling wajib dilakukan. Foto-foto dan bakar ikan, juga enggak boleh ketinggalan. Seru banget!

Nikmati keindahan alam bawah laut Pulau Kassa yang indah.
(CJ SIGIT KRISTIYANTO)
 
Bakar ikan segar di Pulau Kassa, Maluku. (CJ SIGIT KRISTIYANTO)
 

Belum terdapat jaringan listrik di Pulau Kassa, sehingga pada malam hari kondisinya sangat gelap, penerangan hanya mengandalkan lampu minyak dan api unggun.

Tapi jangan khawatir, banyak kok yang bisa dilakukan untuk menikmati suasana pada malam hari, bisa bernyanyi sama teman-teman, bisa juga menikmati merdunya suara satwa di habitat aslinya.

NET CJ SIGIT KRISTIYANTO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments