hero
Alat pendeteksi gempa di Poso. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

30 Mei 2017, 12:45 WIB

SULAWESI TENGAH, INDONESIA

Puluhan rumah warga di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, mengalami retak atau rusak ringan pascagempa berkekuatan 6,6 skala richter Senin kemarin. Sejumlah bangunan dan infrastruktur daerah itu juga rusak parah akibat digoyang lindu.

"Berdasarkan analisis peta gempa, Kabupaten Poso terdampak gempa keras dengan intensitas V-VI skala mercali (MMI)," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Selasa, 30 Mei 2017.

Skala mercali adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi.  Ukuran intensitas V-VI skala mercali artinya getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk dan menyebabkan rusaknya bangunan.

Sutopo mengatakan lembaganya melansir data dampak gempa di beberapa desa. Misalnya seperti Desa Sedoa, Lore Utara-Timur ada dua warga luka berat dan satu luka ringan. Satu gereja dan gedung  pondok bersalin desa roboh.

Seismograf mencatat gempa di Poso. (ANTARA)

 

Dampak gempa di Desa Alitupu mencakup satu rumah roboh dan satu warga usia senja mengalami luka berat. "Sedagkan di Desa Wuasa, tiga rumah retak dan rekahan tanah mengeluarkan lumpur dan bau belerang," ujar Sutopo.

Menurut Sutopo, Lore Utara-Timur merupakan wilayah yang mengalami kerusakan terparah. Sementara untuk wilayah Kota Poso, sebagian depan bangunan Bank Negara Indonesia (BNI) roboh.  "Dan jembatan panjang yang lokasinya dekat pos smaker retak."

Korban luka akibat gempa yang melanda sejumlah kota di Sulawesi Tengah. (NET)

 

Di wilayah Poso bagian pesisir, kerusakan terjadi di Desa Towu. Di sana, dua rumah warga robh, 19 rumah warga retak. Beruntung gempa yang melanda Desa Towu hanya menimbulkan satu korban luka-luka.

Gempa yang melanda Poso pada Senin kemarin merupakan yang terbesar selama 20 tahun terakhir. Musababnya, getarannya terasa sampai ke Kalimantan.

Lindu berkekuatan 6,6 skala richter berlokasi di 38 kilometer Barat Laut Poso, 58 kilometer Timur Laut Sigi atau 75 kilometer di Tenggara Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Pusat gempa di darat pada kedalaman 10 kilometer. 

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments