hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

30 Mei 2017, 08:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Peneliti gabungan dari Argentina, Amerika Serikat, Colombia, dan Chile mencoba mengungkap bagaimana isi kepala para teroris. Mereka meneliti 66 eks kombatan Colombia, yang terkenal luas akan kekejamannya. 

Peneliti menemukan: teroris memiliki cara pandang yang tidak normal terhadap moral. Ini merupakan cara akurat untuk membedakan antara pola pikir teroris dan non-teroris.

Agustin Ibanez dan Adolfo Garcia adalah peneliti asal Favaloro University, Buenos Aires, Argentina, yang terlibat dalam penelitian ini. Mereka mengaku telah menghabiskan waktu empat tahun guna memperoleh izin dari penegak hukum Colombia untuk meneliti kelompok paramiliter sayap kanan paling disegani itu.

Penelitian terhadap pola pikir para teroris. (FLICKR)

Mereka melakukan beberapa seri tes psikologi, termasuk tes kecerdasan moral. Peneliti menyajikan beberapa skenario jahat cara menyakiti orang lain, baik dengan cara disengaja maupun tidak sengaja.

Para kombatan disuruh menilai tindak kekerasan tersebut dengan memberikan skala sangat terlarang hingga sangat diizinkan.

Hasilnya adalah: para kombatan lebih mengecam tindak kejahatan yang dilakukan secara tidak sengaja daripada dengan disengaja.

Penelitian terhadap pola pikir para teroris. (FLICKR)

Ini menunjukkan jika teroris lebih berfokus pada tujuan akhir. Tanpa mempedulikan landasan yang ia gunakan untuk melakukan kegiatan tersebut.

"Teroris akan melakukan apapun untuk mencapai tujuannya," ungkap Dr Ibanez kepada BBC, Jumat, 26 Mei 2017.

"Pada populasi yang kita teliti menunjukan tidak adanya hubungan yang kuat antara terorisme dengan keyakinan. Sebagian besar kombatan Colombia bergabung dengan alasan ekonomi, sebab mereka mendapatkan upah," ia menambahkan.

BBC | FAVALORO UNIVERSITY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments