hero
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 22 Mei 2017 silam. (ANTARA)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

28 Mei 2017, 21:00 WIB

KOTA BOGOR, INDONESIA

Presiden Joko Widodo bicara soal perbedaan pandangan politik antara dirinya dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam Pemilihan Kepala Daerah Jakarta 2017. Presiden Jokowi menegaskan, dirinya tidak memihak ke pasangan calon manapun. Sementara, Wakil Presiden Jusuf Kalla, ditenggarai memiliki andil dalam mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Terkait peran wakilnya itu, Presiden mengatakan hal tersebut merupakan wilayah politik. Menurutnya, hasil Pilkada DKI Jakarta adalah pilihan warga Jakarta.

“Harus menghormati pilihan politik itu dan jangan sampai kembali lagi dipanaskan untuk hal-hal yang tidak perlu. Energi kita habis,” ujar Presiden Jokowi saat wawancara di Program Satu Indonesia, Selasa, 23 Mei 2017 silam.

Presiden Jokowi saat wawancara Program Satu Indonesia NET di Istana Bogor. (NET/Satu Indonesia)

Presiden menegaskan, yang paling penting saat ini adalah bekerja membangun Indonesia. Presiden meminta agar tidak meributkan hal-hal yang tidak perlu.

“Sekali lagi, biarkan wilayah politik yang berbicara. Sekali jangan kita jangan diajak kembali (pada masa-masa kampanye). Pilkadanya sudah selesai, ya sudah selesai,” kata Presiden Jokowi di Istana Bogor.

Presiden Joko Widodo tertawa bersama Wapres Jusuf Kalla dan para menteri di Istana Bogor, 22 Mei 2017 lalu. (ANTARA) 

Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah mengatakan tidak ada masalah jika ia memiliki andil dalam pencalonan Anies dan Sandiaga. Menurut Kalla, itu hal yang biasa. Hak pilih sebagai warga negara, kata Kalla, juga melekat ke dirinya.

Wapres Kalla mengakui pernah berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengenai pencalonan Anies-Sandi. Namun, Kalla membantah jika ia mengintervensi pencalonan tersebut.

DWITA MEIRIANI | SATU INDONESIA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments