hero
Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1438 H. (NET/Mayfree)

EDITOR : REZA ADITYA

26 Mei 2017, 19:25 WIB

INDONESIA

Pemerintah melalui Kementerian Agama resmi menetapkan 1 Ramadan atau awal bulan puasa jatuh pada hari Sabtu, 27 Mei 2017. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan hal itu disepakati  semua pihak setelah melihat dua hal, hisab dan rukyat.

"Seluruhnya sepakat malam ini sudah memasuki satu Ramadan, dan Sabtu, 27 Mei 2017, kita akan mengawali puasa di bulan Ramadan tahun ini," kata Lukman, di kantornya, Jumat, 26 Mei 2017.

Lukman mengatakan berdarkan hisab, ketinggian hilal berada pada 8,51 derajat. Dari perhitungan itu, jarak busur bulan dan matahari juga berada pada posis 8,37 derajat. Adapun umur hilal adalah 14 jam 57 menit 32 detik.

Mengecat kaligrafi menyambut bulan Ramadan. (ANTARA)

 

"Penghitungan hisab yang merupakan informasi dan tentu perlu dikonfirmasi berdasarkan penglihatan apakah bisa dilihat atau tidak," ujar dia.

Hasil hisab itu juga dikonfirmasi melalui metode rukyat atau penglihatan langsung. Ada empat titik yang menjadi pengamatan rukyat. Keempatnya adalah Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Jawa Timur dan Kepulauan Seribu.

"Berdasarkan laporan petugas rukyat yang sudah disumpah, mereka semua berhasil melihat hilal," kata Lukman.  Itu sebabnya, ujar Lukman, semua yang hadir dalam sidang isbat sepakat bahwa Sabtu, 27 Mei 2017 adalah awal bulan puasa di tahun 2017.

Tak ada perbedaan penetapan puasa pada tahun ini. Perwakilan Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia, dan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat sepakat puasa Sabtu.

MAYFREE SYARI

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments