hero
Pertemuan Paus Fransikus dengan Trump dan istrinya. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

25 Mei 2017, 11:25 WIB

ITALIA

Presiden Amerika Donald Trump berkunjung ke Vatikan dan bertemu dengan Paus Fransiskus. Pemimpin umat Katholik sedunia itu menyampaikan beberapa pesan, termasuk dengan ibu negara Melania Trump.

Dalam pertemuan itu, Paus menyampaikan pesan agar Trump menciptakan perdamaian, bukan perang. Kedua pemimpin itu melangsungkan pertemuan tertutup selama kurang lebih 30 menit di Vatikan, Rabu, 24 Mei 2017.

Seusai pertemuan, terjadi beberapa percakapan ringan di antara mereka yang terdengar lewat terjemahan petugas penerjemah. "Makanan apa yang kau berikan kepada dia," tanya Paus bercanda ke Melania Trump, yang dijawab dengan senyum ibu negara Melania.

Paus Fransiskus bersama keluarga Trump. (REUTERS)

Di depan wartawan, Paus menghadiahi Trump patung atau ukiran pohon olive atau zaitun yang merupakan simbol perdamaian. "Saya ingin Anda jadi pohon zaitun yang membangun perdamaian," ujar Paus dalam bahasa Spanyol.

"Kita bisa menggunakan damai," sahut Trump menjawab Paus.

Presiden Trump bersalaman dengan Paus Fransiskus. (REUTERS)

Selain patung pohon tadi, Paus juga memberikan pesan damai yang ditulisnya pada 2017 berjudul "Nonviolence - A Style of Politics for Peace" dan juga surat Paus 2015 tentang perlunya melindungi alam. Menerima itu, Trump berjanji akan membacanya.

Sebagai balasan, Trump memberikan cenderamata satu box buku edisi pertama pejuang hak sipil Amerika Martin Luther King. Di ujung pertemuan, Trump mengucapkan, "Terima kasih. Saya takkan melupakan apa yang Anda katakan."

Kedua tokoh saling bertukar cenderamata. (REUTERS)

Kunjungan ke Vatikan ini sejatinya tidak ada dalam jadwal tur Eropa Presiden Trump. Setelah dari Vatikan, Trump melanjutkan kunjungan ke Belgia bertemu dengan perdana menteri dan raja Belgia. Dari situ dijadwalkan Trump akan hadiri pertemuan pemimpin NATO Uni Eropa.

REUTERS | NEW YORK TIMES

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments