hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

24 Mei 2017, 10:30 WIB

EROPA

Temuan fosil gigi manusia purba di Bulgaria bisa mengubah sejarah manusia. Benda purba itu diketahui telah ada sejak 7,2 juta tahun yang lalu. 

Rahang bawah dan sebuah gigi raksasa tersebut membuktikan: manusia moderen berasal dari Eropa bukan Afrika.

Gigi itu diketahui milik Graecopithecus Freybergi. Peneliti meyakini, ia adalah manusia moderen tertua yang muncul setelah garis keturunan manusia berpisah dengan simpanse (primata paling mirip dengan manusia).

Dua fosil itu terdiri dari rahang bawah yang diangkat tahun 1944 di Athena, Yunani, dan sebuah gigi yang ditemukan di Azmaka, Bulgaria pada tahun  2009.

Fosil gigi kuno ditemukan di Bulgaria. (THE SUN)

Kedua fosil diangkat dan diteliti secara hati-hati menggunakan CT Scans. Peneliti mengetahui usia mereka dengan memeriksa batuan sedimen tempat gigi ditemukan.

Akar gigi di kedua fosil tidak memiliki kemiripan karakter dengan gigi Simpanse. Peneliti kemudian menempatkan El Graeco, sebutan lain Graecopithecus Freybergi, sebagai Hominid, kera besar yang memiliki garis keturunan dengan manusia.

Dilansir Jurnal Plos One, Ini merupakan temuan paling anyar. Sebelumnya, peneliti memercayai Sahelanthropus, sebagai spesies tertua dari Homonid. Berbeda dengan El Graeco yang ditemukan di Eropa, Sahelantrophus hidup diwilayah Chad, Afrika, 7 juta tahun yang lalu.

Temuan fosil gigi di Eropa membantah penelitian yang menyebut nenek moyang manusia berasal dari Afrika. (THE SUN)

Periset menuturkan, kuat dugaan manusia moderen tertua berasal dari Balkan, Eropa, tempat ditemukannya fosil gigi El Greco.

"Spesies kita (Homo Sapiens) berevolusi di Afrika. Namun, keturunan kita mungkin tidak," ujar Madelaine Bohme, Paleoanthropolog dari University of Tubingen, Jerman.

"Temuan ini bisa mengubah pemahaman kita tentang asal muasal manusia moderen," Bohme menambahkan.

THE SUN | JOURNAL PLOS ONE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments