hero
Rumah sakit militer Phramongkutklao pasca dibom. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

22 Mei 2017, 18:35 WIB

THAILAND

Sebuah bom meledak di rumah sakit militer Phramongkutklao di Bangkok, Thailand dan mencederai 24 orang. Bom meledak bersamaan dengan peringatan tiga tahun kudeta militer.

"Ya, itu memang bom. Kami menemukan potongan-potongan yang digunakan membuat bom," kata Kamthorn Aucharoen, komandan penjinak bom, Senin, 22 Mei 2017. 

Otoritas keamanan Thailand belum bisa memastikan dalang di balik serangan yang menyasar rumah sakit tentara tersebut. "Kami sedang memeriksa kamera pengawas atau CCTV," kata Kamthorn.

Kamthorn Aucharoen di lokasi kejadian. (REUTERS)

Juru bicara pemerintahan Sansern Kaewkamnerd menyebutkan setidaknya 24 orang cedera akibat ledakan bom tersebut. Rumah sakit Phramongkutklao saat ini ditutup dan dijaga ketat tentara.

Kecurigaan yang muncul soal pihak yang melakukan pengeboman adalah kekuatan politik yang berseberangan dengan militer atau separatis muslim yang ada di selatan Thailand. 

Suasana panik terkait bom. (THE NATION)

Pasalnya pada 22 Mei 2014 silam adalah kejadian kudeta militer Thailand terhadap pemerintahan sipil partai Puea Thai. Akibatnya, ketika itu, situasi keamanan dan politik Thailand tidak stabil dan diwarnai demonstrasi berkepanjangan.

Pengeboman Phramongkutklao ini berselang beberapa pekan dengan bom yang meledak di Pattani, dekat perbatasan dengan Malaysia. Bom juga meledak di Yala, propinsi yang mayoritas muslim, dan mencederai tentara, Senin 15 Mei 2017 lalu.

Polisi membawa sejumlah barang bukti. (REUTERS)

Serangan serupa juga terjadi di dekat National Theater Bangkok, Senin, 15 Mei 2017. Bom itu mencederai dua orang pengunjung. Meski rentetan pengeboman tersebut terjadi berdekatan, belum ada yang bisa memastikan semuanya terkait politik.

REUTERS | STRAITSTIMES

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments