hero
(Businessinsider)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

21 Mei 2017, 05:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Guys, apa kamu termasuk yang beruntung dapat kesempatan menonton acara NET 4.0 secara langsung tanggal 21 Mei nanti? Kalau iya, pasti kamu sudah antusias dan enggak sabar menyaksikan penampilan artis-artis kece di sana.

Biasanya orang-orang yang mau menonton konser memang semangat banget buat ketemu idolanya. Tapi sebaiknya jangan sampai semangat kamu kebablasan ya Guys! Biar bagaimanapun acara seperti konser adalah aktivitas umum yang diikuti banyak orang. Ada peraturan dan tata-krama tidak tertulis yang perlu diikuti agar acara itu bisa dinikmati siapa saja yang ada di sana.

Nah, buat kamu yang mau menonton konser, delapan hal berikut wajib kamu hindari. Karena tindakan ini bisa jadi annoying buat penonton lain. Apa-apa saja? Let’s check it out!

Terus-menerus mengambil foto.

Saat di konser, pastinya kamu enggak mau melewatkan setiap momen yang terjadi. Salah satu caranya dengan mengambil foto-foto. Tindakan ini memang enggak salah. Tapi kalau kamu melakukannya terus-menerus, kamu malah bisa bikin penonton lain kesal.

Di waktu mereka lagi asyik melihat konser, pemandangannya malah terhalang sama tangan dan gadget kamu. Saking mengganggunya, ada beberapa artis yang melarang penggunaan gadget di konser mereka.

Tapi buat yang enggak ada larangannya, kamu tetap boleh kok mengambil foto di dalam konser. Asal tetap ingat buat jaga kenyamanan penonton lain ya.

 (Businessinsider)

Merekam video berlebihan.

Menyaksikan orang yang rajin memotret dalam konser memang bikin kesal. Tapi akan lebih menyebalkan lagi kalau ada penonton yang merekam pertunjukan secara terus-menerus.

Tangan-tangan mereka yang terangkat sambil memegang handphonenya sudah pasti menutupi pandangan ke panggung. Bukannya melihat konser secara langsung, bisa-bisa penonton lain malah melihat rekaman konser dari handphone orang di depannya.

Sibuk sama gadget.

Walaupun sedang berada dalam konser, kadang ada saja orang-orang yang enggak sepenuhnya berada di sana. Kenapa? Karena mereka justru fokus ke gadgetnya. Ada yang selfie, posting ke Instagram terus rajin mengecek jumlah likes. Atau sibuk mengupdate status di Facebook.

Well, kalau mau begitu sebaiknya kamu melipir dari venue konser. Di sekitar kamu, terdapat orang-orang yang sudah menabung sekian lama demi menikmati aksi idolanya. Atau die hard fans yang enggak rela pertunjukan favorit mereka terganggu sama penonton yang enggak sepenuhnya menonton.

Berteriak ke band yang lagi perform.

Saat di pertunjukan besar, kamu bisa ikutan menyanyi dengan suara maksimal atau bahkan sampai teriak. Tapi kalau konser yang kamu tonton diadakan dalam ruang privat, sebaiknya kamu tidak meneriakkan apapun ke band yang lagi perform.

Sebagai performer, tentunya mereka harus fokus ke pertunjukannya. Teriakan kamu bisa jadi mengganggu dan malah bikin kesal. Tentunya kamu enggak mau dicap jelek sama artis kesukaan kamu kan?

Request lagu.

Kadang, penonton diperbolehkan meminta lagu saat di konser. Cara ini digunakan para artis atau band yang sedang perform untuk bisa berinteraksi dengan fans mereka.

Tapi biasanya setiap band sudah menyiapkan daftar lagu yang akan mereka nyanyikan dalam konser. Sebagian adalah lagu yang jadi hits dan disukai banyak orang. Sementara sebagian lainnya adalah lagu yang ingin mereka tunjukkan ke penonton, misalnya lagu baru dari album yang belum mereka rilis.

Jadi, intinya kamu boleh request lagu saat ditanya oleh performer. Tapi kalau enggak, sebaiknya kamu cukup menikmati deretan lagu yang sudah disiapkan.

Bernyanyi dengan berlebihan.

Waktu datang ke konser, rasanya susah buat enggak ikutan menyanyi. Setuju enggak? Apalagi kalau lagu kesukaan kamu lagi dimainkan di atas panggung. Bisa jadi kamu langsung refleks menyanyikan lirik lagu yang sudah kamu hapal.

Tapi, jangan bernyanyi secara berlebihan apalagi teriak ya. Kamu perlu menghargai orang-orang lain yang ada di sekitar kamu. Mereka datang ke sana untuk menikmati suara si vokalis, bukan suara penonton lain yang bernyanyi dengan suara keras.

 (Businessinsider)

Kepengen banget di barisan depan.

Kadang ada orang yang sengaja mendorong penonton di depannya demi bisa melihat konser dari dekat. Kalau kamu mau menonton dan berada di dekat bandnya, tentu kamu harus datang lebih cepat. Jadi kamu enggak perlu mendesak penonton-penonton lain yang ada di dekat kamu.

Sebaiknya kamu juga harus prepare sebelum konser agar tidak bolak-balik ke kamar mandi. Terlalu banyak aktivitas seperti itu akan mengganggu penonton lain yang sudah nyaman dengan posisinya.

Mabuk dan tampil dibuat-buat.

Saling berpegangan, melambaikan tangan dan berbagai aksi lainnya bisa muncul di konser favorit kamu. Tapi kamu enggak perlu melakukannya secara dibuat-buat. Cukup lakukan dengan alami saja, bersamaan dengan penonton lainya.

Selain itu, pastikan juga kamu tidak mabuk. Walaupun ada sebagian konser yang sensasinya bakal semakin lengkap kalau dinikmati sambil minum bir atau koktail. Tapi kamu enggak perlu ikut-ikutan minum kalau kamu memang enggak mau. 

Menonton konser dengan kondisi mabuk membuat kamu tidak bisa menikmatinya secara maksimal. Orang lain di sekitar kamu juga bakal risih kalau melihat kamu mabuk di dekatnya.

Jadi saat di konser, kamu hanya perlu menikmatinya dan membiarkan dirimu terbawa suasana. Kamu tetap bisa ambil foto, bernyanyi bareng dan melakukan aktivitas ain asal dilakukan dengan wajar dan enggak menggangu orang-orang di sekitar kamu. 

BUSINESS INSIDER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments