EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

19 Mei 2017, 16:05 WIB

JEPANG

Pernah melihat stiker bertulis ‘Baby on Board’? Stiker seperti itu biasanya dipasang pada bagian belakang mobil untuk menandai adanya bayi atau anak kecil di dalam mobil. Cara ini juga digunakan oleh pemerintah Jepang untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengguna lalu lintas lho. 

 

Ada enam stiker unik dengan gambar dan warna yang berbeda-beda. Setiap pengguna kendaraan beroda empat wajib menempelkannya di bagian depan atau belakang mobil agar mudah dikenali oleh pengguna lalu lintas yang lain.

 

Stiker untuk pemula. (NET.CJ/Grandy William Kinsey)

 Buat para pemula yang baru bisa mengendarai mobil, ada stiker ‘green leaf’. Stiker ini wajib dipasang selama satu tahun, setelah mereka mendapat izin mengemudi. Kalau pengguna mobil juga membawa anak kecil, ada juga stiker bergambar bayi atau yang bertulis child on board.

 

Kemudian untuk pengguna mobil yang berusia di atas 70 tahun, wajib menempelkan stiker ‘colorful clover’. Sedangkan buat mereka yang berusia di atas 75 tahun, terdapat stiker ‘autumn leaf yellow teardrop shaped’.

Stiker untuk ibu yang membawa bayi. (NET.CJ/Grandy William Kinsey)

Orang-orang yang berkebutuhan khusus juga punya stikernya sendiri. Yaitu stiker ‘person in wheelchair’ dan ‘four leaf clover umbrella’untuk mereka yang menggunakan kursi roda atau handicapped. Sementara untuk penyandang tunarungu, wajib memasang stiker bergambar kupu-kupu.

Stiker untuk pengendara berkebutuhan khusus. NET.CJ/Grandy William Kinsey)

 

Dengan pemasangan stiker-stiker ini, warga Jepang diharapkan bisa mengetahui kondisi pengendara yang ada di sekitarnya. Jadi, mereka pun bisa berlalu-lintas dengan aman dan nyaman.

 

NET.CJ GRANDY WILLIAM KINSEY 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments