hero
(Elle)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

19 Mei 2017, 12:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Suka gemas enggak sih sama penampilan cewek Korea yang kulit wajahnya mulus tanpa noda? Tapi tenang saja, kamu juga bisa tampil seperti itu kok. Kuncinya kamu mesti rajin membersihkan muka dan menjaga kelembabannya.

Kamu juga dapat mengikuti tips dari Charlotte Cho, kurator dan founder dari Soko Glam, perusahaan retail make up dari Korea Selatan. Apa saja tips-nya? Berikut 10 langkah agar kulit kamu terlihat flawless:

Bersihkan muka.

(Elle)

Cewek Korea menerapkan prinsip double cleanser untuk membersihkan wajah. Pertama mereka akan menghapus sisa BB cream dan blush on dengan tissue pembersih. Sisa riasan di mata juga dihapus menggunakan liquid remover.

Pembersihan yang kedua menggunakan gentle oil cleanser serta air hangat untuk menghilangkan sebum dan bakteri. Minyak dapat menghapus sisa kotoran pada kulit wajah tanpa membuatnya jadi kering.

Bersihkan lagi.

(Elle)

Buat para Korean girl, membersihkan kulit wajah adalah langkah penting agar kulit mereka bebas jerawat. Untuk itu double cleanse saja tidak cukup. Setelah pembersihan dengan tissue wajah dan oil cleanser, mereka mencuci wajahnya menggunakan mild cream atau foaming cleanser.

Saat mencuci muka dengan cairan tersebut, kita tidak perlu menggosok kulit terlalu keras. Cukup dengan gerakan memijat yang lembut agar wajah bersih merata.  

Scrubbing.

(Elle)

Sel kulit mati yang menumpuk atau komedo kecil di sekitar hidung bisa membuat wajah kita terlihat kusam. Untuk itu, sebaiknya kamu rutin melakukan scrubbing agar sel kulit mati di muka dapat terangkat.

Tapi kamu tidak perlu melakukannya setiap hari di seluruh bagian wajah. Cukup fokus di area-area tertentu yang membutuhkan penanganan khusus. Seperti pori-pori yang terlihat lebar di pipi atau blackheads alias komedo-komedo kecil di sekitar hidung.

Gunakan toner.

(Elle)

Penyegar wajah atau toner dari Korea dapat melembabkan sekaligus menyamarkan noda pada wajah. Cairan ini sekaligus mengencangkan sel kulit dan menyeimbangkan kadar PH. Penggunaan toner juga memudahkan penyerapan cairan make up yang berikutnya.

Semprotkan essence.

(Elle)

Penggunaan essence sangat penting untuk menambah nutrisi pada kulit wajah. Selain prinsip double cleanse, ini adalah bagian penting dari make up ala Korea. Caranya kamu tinggal menyemprotkan cairan essence, lalu tepuk-tepuk wajah agar hasilnya merata.

Cairan ini dapat memberi nutrisi pada wajah, mempercepat regenerasi kulit dan menambah elastisitas. Kulit wajah juga akan lebih cerah dan terasa lebih lembut.  

Gunakan ampoule.

(Elle)

Mirip seperti essence, cairan ini dapat menambah nutrisi pada wajah. Dengan komposisi vitamin yang lebih lengkap, setiap tetesnya berperan untuk mencegah penuaan dini. Kulit wajah kamu pun tidak akan terlihat kusam.

Pijat dan gunakan masker.

(Elle)

Sekarang ada berbagai pilihan masker wajah yang bisa kamu gunakan. Selain wajah, gunakan juga masker khusus untuk area mata dan bibir agar kulitnya di sekitarnya lebih kencang.

Tapi kamu cukup memakai masker-masker itu selama 2-3 kali seminggu. Sementara di waktu lainnya, kamu dapat memijat wajah selama minimal lima menit. Cara ini dapat melancarkan aliran darah dan membuat wajah terlihat lebih segar.

Gunakan krim mata.

(Elle)

Area di sekitar mata termasuk bagian yang sensitif dan mudah terlihat berkerut. Untuk menghindarinya dari penuaan dini, sebaiknya kamu rutin menggunakan krim mata.

Kamu tidak perlu mengoles krim mata dengan kencang, cukup dengan menepuk-nepuknya dengan jari sampai merata. Penggunaan eye creamsecara rutin dapat mencegah munculnya kerutan dan kantong  mata yang menghitam alias mata panda.

Rutin pakai pelembab.

(Elle)

Kulit wajah yang lembab akan terlihat lebih segar sepanjang hari. Untuk itu kamu dapat menggunakan pelembab wajah. Aplikasikan pelembab di seluruh bagian wajah. Gunakan juga pada area leher agar hasilnya lembab secara merata.

Aplikasikan krim malam.

(Elle)

Kulit wajah kamu membutuhkan nutrisi sepanjang hari, termasuk di waktu malam. Untuk itu, kamu perlu rutin menggunakan krim malam sebelum tidur. Cara ini membuat kulit wajah tetap lembab dan mempercepat pertumbuhan sel kulit yang baru.

Rawat wajah secara rutin.

Penggunaan make up dan produk yang mahal enggak akan bermanfaat kalau kamu tidak rutin merawat wajah. Untuk itu, cewek Korea terbiasa melakukan perawatan wajah, terutama sejak awal memasuki masa pubertas.

Prinsip utama yang mereka lakukan yaitu rutin membersihkan wajah. Kemudian menjaga kelembaban kulit wajah, mengaplikasikan krim SPF dan perawatan seperti face massage. Dengan begitu wajah akan terlihat lebih segar, awet muda dan pastinya flawless.

ELLE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments