hero
Presiden Rusia Vladimir Putin. (METRO)

EDITOR : REZA ADITYA

18 Mei 2017, 11:25 WIB

RUSIA

Presiden Rusia Vladimir Putin menjamin tidak ada informasi intelijen yang dibocorkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald John Trump kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dalam pertemuan di Gedung Putih pekan lalu.  

Putin menolak pertemuan Trump dan Lavrov itu berujung pada skandal politik internasional. Dia bahkan berani menyerahkan rekaman pembicaraan pertemuan itu kepada Kongres Amerika Serikat.

"Ini sangat tidak masuk akal. Tidak ada alasan lain kenapa banyak yang menyerang Presiden Trump," kata Putin, saat berbicara di sebuah konferensi di Italia, Rabu, 17 Mei 2017 waktu setempat. "Ini bisa disebut politik skizofrenia."

Putin bahkan menganggap isu politik murahan itu sengaja dibuat parlemen dan beberapa pejabat AS. Tujuannya, untuk membangkitkan semangat anti-Rusia.

Presiden AS Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada pertemuan di Gedung Putih, Rabu, 10 Mei 2017. (METRO)

 

Surat kabar The Washington Post menulis laporan yang menyebut bahwa Trump membocorkan rahasia intelijen negaranya ke Rusia. Laporan itu berasal dari seorang pejabat AS yang tidak dingin disebut namanya.

Trump, demikian laporan Washington Post, menunjukkan dokumen rahasia kepada Lavrov dalam pertemuan di ruang oval Gedung Putih. Beleid itu isinya adalah informasi mengenai kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Laporan intelijen tersebut berasal dari sekutu AS dan tidak seharusnya diberikan kepada Rusia. Musababnya, Negeri Beruang Merah itu bukanlah mitra kerja Negeri Paman Sam terkait permasalahan intelijen.

Parlemen AS bereaksi keras atas laporan surat kabar ternama AS itu. Mereka menganggap apa yang dilakukan Trump di luar batas. Namun, penasihat keamanan Trump,  H.R McMaster mengatakan tak ada pembicaraan masalah sensitif dengan Lavrov.

AP | METRO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments