hero
Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

18 Mei 2017, 14:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta kepada pasangan calon gubernur terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno melibatkan tim dari Kementerian Dalam Negeri jika ingin memasukkan programnya di RAPBD 2018.

Tujuannya, agar terdapat kesamaan persepsi pihak Anies-Sandiaga dalam mekanisme kerja dan tim sinkronisasi. "Mengacu pada peraturan Kemedagri, bisa memberikan penjelasan di masa transisi penyusunan APBD," kata Djarot, Kamis, 18 Mei 2017.

Gubernur DKI Jakarta terpilh Anies Baswedan. (ANTARA)

 

Djarot mengatakan Senin pekan depan akan menggelar rapat pimpinan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Kemendagri, untuk membahas hal penyusunan anggaran tersebut. Dia mempersilakan tim transisi Anies-Sandiaga hadir dalam rapat itu.

Lebih lanjut Djarot juga menilai Anies-Sandiaga tidak dapat memasukkan programnya pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah-Perubahan tahun 2017. 

Musababnya, proses pengajuan APBD saat ini sudah difinalisasi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Anies-Sandi, kata Djarot, hanya bisa memasukan programnya di R-APBD 2018.

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan. (ANTARA)

 

"APBD 2017 itu masih menjadi tanggung jawab kami," kata Djariot. "Sedangkan untuk tahun 2018 mari kita tunggu apa yang disampaikan oleh Kemedagri."

Djarot mencontohkan saat Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terpilih menjadi pemimpin DKI Jakarta tahun 2012. Saat itu, RKPD dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) disusun oleh gubernur sebelumnya, Fauzi Bowo.

"Kemudian Jokowi-Basuki masuk, baru itu ada penyempurnaan penambahan program unggulan," ujar dia. "Saya ingat betul waktu itu yang dimasukkan adalah program Kartu Jakarta Pintar dan Kartu Jakarta Sehat."

Sebelumnya, tim sinkronisasi Anis-Sandiaga ngebet ingin bertemu dengan Djarot. Mereka ingin membahas program kerja Anies-Sandiaga untuk dimasukkan ke APBD 2018 ataupun APBD-P 2017, jika memungkinkan. 

HARITZ ARDIANSYAH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments