hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

18 Mei 2017, 19:00 WIB

ISRAEL

StoreDot, startup asal Isarel, menggebrak panggung teknologi dunia. Mereka membikin baterai ponsel yang bisa diisi penuh dalam tempo lima menit.

Dilansir BBC, Doron Myersdorf, CEO StoreDot, mengklaim baterai buatannya akan diproduksi masal pada tahun 2018. Namun, ia enggah mengungkap perusahaan mana yang akan menggunakan teknologinya.

Baterai StoreDot pertama kali dipamerkan di pagelaran CES Las Vegas tahun 2015--eksebisi teknologi terbesar di dunia yang diadakan setahun sekali--. 

StoreDot, baterai ponsel yang bisa terisi penuh dalam waktu 5 menit. (STOREDOT)

Dalam pameran itu mereka menjelaskan, baterai terbuat dari material yang bisa mengakomodir reaksi 'non-tradisional'. Material yang memungkinkan terjadinya transfer ion dari anoda ke katoda secara cepat.

Baterai dibuat dari bahan nanomaterial yang sangat kecil dicampur dengan senyawa organik. Tidak disebutkan dengan rinci apa senyawa organik yang dimaksud.

Beberapa tampilan baterai StoreDot lebih tipis jika dibandingkan dengan baterai ponsel pada umumnya. Saat ini, prototipe StoreDot sedang disempurnakan di dua pabrik baterai besar di Asia. Ia siap dpamerkan kembali pada kuartal pertama tahun 2018.

"Kami akan mengisi baterai ponsel pintar dalam waktu 5 menit," ujar Doron Myersdorf kepada BBC, 12 Mei 2017.

Pernyataan Doron, menuai keraguan di kalangan pengamat teknologi. Ben, Wood, analis dari CCS Insight, adalah salah satu yang meragukannya. 

Keraguan tak hanya datang dari pengamat, Doron Myersdorf sendiri sejatinya meragukan rencana peluncuran baterainya di tahun depan akan berjalan lancar. 

"Bermain dengan teknologi baterai bisa mengacaukan kamu. Pengalaman ini mengajarkan saya untuk selalu skeptis. Namun, jika (percobaan) ini berhasil maka kami akan bersinar," kata Doron.

BBC | DAILY MAIL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments