hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

17 Mei 2017, 09:05 WIB

INGGRIS

Kamu tahu enggak, selama berabad-abad, serangga telah menjadi bagian dari bahan makanan hampir di seluruh dunia, loh! Karena mudah ditemukan, serangga memberikan sumber protein yang berkelanjutan dan ekonomis. Hidangan berbahan serangga pun tidak lagi bisa dianggap sebagai hidangan yang murah meriah. Soalnya beberapa restoran di dunia mulai mengolah serangga menjadi hidangan mewah. Berikut ini adalah hidangan restoran berbahan serangga dari berbagai penjuru dunia.

Queen Ant Egg Tostada di Noma, Meksiko

Menu serangga di Noma. (FOOD AND WINE)
 

Restoran bernama Noma ini sudah cukup lama mengolah serangga sebagai makanan. Sang koki legendaris René Redzepi menyajikan creme fraiche yang dihiasi semut hidup di London tahun 2012, dan di Jepang pada tahun 2015, sushi udang Redzepi juga dihiasi semut.

Kreasi Redzepi yang terbaru dijual di Meksiko. Terdapat 14 kreasi hidangan serangga yang merupakan inovasi dari hidangan lokal setempat. Salah satunya adalah tostada dengan biji espolon panggang dan escamole krem (telur semut), dimasak dengan minyak habanero panggang, dihias sayuran pantai dan kelopak bunga.

Bug Tapas di Bugs Cafe, Kamboja

Menu serangga tempura di Bugs Cafe, Kamboja. (FOOD AND DAILY)
 

Di Kamboja kamu bisa dengan mudah menemukan serangga goreng di pedagang pinggir jalan. Serangga goreng ini juga bisa ditemukan di restoran mewah, seperti di Cafe Bugs di Siem Reap. Mereka menyajikan hidangan tradisional Kamboja seperti lumpia yang diisi dengan semut, salad pepaya hijau dengan kalajengking panggang dan kaffir lime, dan donat tarantula, yang dicelupkan ke dalam tepung, digoreng , dan disajikan dengan saus sambal atau sambal mangga.

Insect Ramen di  Ramen Nagi, Jepang

Ramen serangga di Jepang. (FOOD AND DAILY)
 

Semangkuk ramen panas yang gurih biasanya ditambahkan topping irisan daging, telur rebus, dan rumput laut kering. Namun, berbeda dengan ramen yang disajikan restoran Nagi Ramen di Tokyo ini. Bukan irisan daging, tapi serangga seperti jangkrik, belalang, atau serbuk kaldu dari ulat sutra yang menjadi topping ramennya.

Meski tampak tidak biasa, ramen unik ini terjual habis hanya dalam waktu empat jam. Tidak hanya ramen, tapi juga lumpia goreng cacing, nasi kriket, dan es krim yang dibumbui dengan bubuk serangga juga langsung habis dalam waktu singkat.

Cricket, Mealworm, and Grasshopper Burger di Grub Kitchen, Inggris

Burger serangga ini keliatan enak ya? (FOOD AND WINE)
 

Terletak di pertanian tradisional Pembrokeshire, restoran di Wales ini menawarkan hidangan perpaduan antara makanan tradisional Inggris dan masakan internasional. Koki Andy Holcroft memadukan serangga sebagai campuran untuk hidangan Wellington ala Inggris. Campuran serangga dan chestnut yang dibungkus dengan crepes jangkrik dan kulit pastri, serta hummus dari ulat panggang. Ada juga kue Welsh yang dipadukan dengan cacing kayu manis.

Hidangan yang paling digemari adalah burger serangga mereka. Burger ini dibuat dengan jangkrik panggang, ulat dan belalang, bayam, tomat kering dan disajikan dengan kentang goreng polenta dan saus tzatziki.

Queso del Rancho di Xochi, Houston

Hmm, tampilannya ok tapi hiasannya serangga. Kamu mau coba?
(FOOD AND WINE)
 

Chef Hugo Ortega telah menyajikan lime and salt-cured chapulines (belalang), hidangan khas Oaxaca, di restorannya di Houston, Amerika sejak 2007. Sementara di restorannya, Xochi, koki finalis James Beard Award ini menyajikan daging ribeye Black Angus panggang yang disajikan dengan topping lalat semut, koktail yang dihiasi dengan garam gusano (cacing). Ada juga Queso del Rancho, yang dibuat dari queso de cincho (keju), chicharrones (kulit babi goreng) , dan trio serangga yang mencakup cacing, semut, dan belalang.

Dessert at Archipelago, London

Restoran yang satu ini memang menyajikan makanan yang cukup ekstrim, seperti carpaccio piton, sate kangguru, dendeng zebra, hingga salad yang dibuat dengan cacing dan belalang. Tidak hanya itu, dessert yang diasjikan juga enggak kalah uniknya. Mereka menyajikan makanan penutup yang berbahan serangga seperti belalang dan serangga yang dilapisi cokelat. Ada juga Bushman’s Cavi-Err, pancake dengan topping krim kelapa, jeli vodka, dan ulat karamel.

Black Ant Guacamole di The Black Ant, New York

Yang ini juga menggoda. (FOOD AND WINE)
 

Di Restoran ini kamu bisa mencoba hidangan serba serangga, seperti margarita dari jalapeno asap yang dibungkus dengan garam semut hitam, croquetas de Chapulin (dibuat dari yucca-manchego dan kroket belatung). Semua hidangan tersebut dilengkapi dengan potongan mangga, delima, atau buncis goreng. Dan yang tidak boleh ketinggalan adalah taburan garam dari semut yang memberikan sensasi rasa tajam dan pedas.

Gimana, tertarik untuk mencoba semua hidangan serangganya?

FOOD AND WINE | THE DAILY MEAL

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments