hero
(NET.Z/Gabriela)

EDITOR : REZA ADITYA

17 Mei 2017, 18:10 WIB

ACEH, INDONESIA

Majelis hakim Mahkamah Syariah Banda Aceh menjatuhkan hukuman 85 kali cambuk di depan umum kepada pasangan sejenis. Pengadil menyatakan dua pemuda itu, yakni MT (24 tahun) dan MH ( 20 tahun) bersalah karena melakukan hubungan badan.

"Dua terdakwa terbukti bersalah melakukan perbuatan hubungan badan sejenis," kata ketua majelis hakim Khairil Jamal, dalam membacakan amar putusannya di persidangan, Rabu, 17 Mei 2017. "Memerintahkan terdakwa tetap ditahan sampai eksekusi."

Vonis tersebut lebih tinggi dari tuntutan Kejaksaan Negeri Banda Aceh. Beskal sebelumnya hanya menuntut dua pemuda itu hukuman 80 kali cambuk.

Terdakwa divonis cambuk 85 kali karena melakukan hubungan badan sejenis. (REUTERS)

 

Ada beberapa pertimbangan majelis menghukum dua pemuda itu. Pertama, hal pertimbangan yang memberatkan mereka adalah perbuatan mesum sejenis itu sudah dilakukan lebih dari sekali, meski keduanya didasari atas suka sama suka.

Selain itu, pengadil juga menilai kedua terdakwa beragama Islam dan tidak sepantasnya bersetubuh dengan sesama jenis. Hal itu menurut majelis melanggar syariat Islam.

Kemudian pertimbangan yang kedua adalah terkait hal yang meringankan bagi kedua terdakwa. Di antaranya, MT dan MH belum pernah dihukum cambuk.

Pasangan sejenis itu dijerat Pasal 63 ayat 1 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat. Usai mendengar vonis itu, kedua terdakwa yang tidak didampingi pengacara menyatakan pasrah dan tidak akan banding.

MT dan MH ditangkap Polisi Syariah Banda Aceh pada Maret kemarin. Saat ditangkap di sebuah tempat, mereka sedang melakukan hubungan intim.

REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments