hero
Ilustrasi Facebook dan Thailand. (NETZ/Vino)

EDITOR : TITO SIANIPAR

17 Mei 2017, 00:05 WIB

THAILAND

Ancaman Thailand akan mengambil tindakan tegas terhadap Facebook tidak terbukti pasca berlalunya tenggat waktu yang diberikan. Imaji Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang berpakaian minim dan bertato masih ada di Facebook.

"Thailand telah mundur terkait ancamannya untuk melarang Facebook terkait gambar-gambar memalukan raja yang beredar di media sosial tersebut," tulis laman berita Dailymail, Selasa, 16 Mei 2017.

Gambar-gambar Raja Maha Vajiralongkorn yang beredar luas di Facebook adalah yang mengenakan kaos tanpa lengan atau you can see seperut. Tato tergambar di sekujur tubuhnya mulai dari tangan hingga punggung.

Foto dan video itu diketahui diambil sebelum Maha Vajiralongkorn dinobatkan sebagai raja, yakni di sebuah pusat perbelanjaan di Muenchen, Jerman, sekiranya awal 2016. Dalam video, terlihat ia berjalan dengan seorang perempuan.

Imaji Raja Thailand yang ada di Facebook. (DAILYMAIL)

Pihak Kerajaan Thailand, lewat Asosiasi Layanan Internet Thailand mengirim pesan ke pemimpin dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg untuk memblok imaji itu. Hal itu ramai diperbincangkan dan diberitakan oleh Bangkok Post.

"Jika satu halaman saja masih ada, kami akan segera mendiskusikan langkah hukum apa yang akan diambil terhadap Facebook Thailand," ujar Takorn Tantasith, Sekretaris Jenderal Komisi Nasional Penyiaran dan Telekomunikasi Thailand.

Di Thailand berlaku hukum anti penistaan keluarga kerajaan atau yang dikenal dengan lese-majeste. Seseorang bisa dipenjara hingga 15 tahun karena menyebarkan materi yang menghina kerajaan.

Imaji ini masih ada di Facebook. (DAILYMAIL)

Organisasi pembela hak asasi internasional Worldwide Movement for Human Rights mencatat ada 105 orang yang ditangkap terkait beleid itu sejak Mei 2014. Raja Maha Vajiralongkorn naik tahta menggantikan Raja Bhumibol Adulyadej.

DAILYMAIL | BANGKOKPOST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments