hero
Rudal balistik terbaru Korea Utara. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

17 Mei 2017, 12:05 WIB

KOREA UTARA

Pemerintah Korea Utara mengklaim telah melakukan uji coba peluncuran rudal balistik terbarunya. Peluru kendali itu dilepas pada Ahad kemarin dan diberi nama Hwasong-12.

"Itu merupakan rudal terbaru kami, memiliki jangkauan jarak jauh," demikian pernyataan Pemerintah Korea Utara, seperti dilansir Aljazeera dari situs Korean Central News Agency, Rabu, 17 Mei 2017.

Kim Jong-un saat menyaksikan peluncuran rudal balistik terbarunya. (REUTERS)

 

Pemimpin tertingi Korea Utara Kim Jong-un menyaksikan secara langsung uji coba pelepasan rudal itu. Peluru kendali ditembakkan ke arah laut lepas dekat dengan perbatasan Rusia.

Ekshibisi misil itu menjadi perhatian dunia. Musababnya, rudal itu bisa membawa hulu ledak nuklir berukuran besar.  Para ahli menilai rudal itu bisa menempuh jarak 4.000 kilometer dengan ketinggian tertentu.

Dengan kata lain, peluru kendali itu bisa menjangkau Korea Selatan dan Jepang dalam waktu dekat. Rudal belum bisa mencapai daratan Amerika Serikat.

Kim Jong un di depan Hwasong 12. (DEFENSE)

 

"Ini mewakili tingkat kinerja yang belum pernah terlihat dari rudal Korea Utara sebelumnya," kata pengamat dirgantara John Schilling.

Pyongyang mengklaim uji coba peluncuran senjata mematikannya itu sukses. "Untuk memverifikasi spesifikasi taktis dan teknologi rudal balistik baru yang bisa membawa hulu ledak nuklir berukuran besar."

Pemerintah Korea Utara mengabaikan permintaan Korea Selatan terkait dengan perundingan damai. Di tengah upaya Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ingin berkomunikasi dengan Pyongyang, Jong-un malah pamer kekuatan militernya.

AL JAZEERA | REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments