hero
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un bersama tentaranya. (KNS)

EDITOR : REZA ADITYA

12 Mei 2017, 11:40 WIB

KOREA UTARA

Badan Intelijen Pusat Amerika (CIA) mendirikan sebuah unit khusus yang bertujuan memantau gerak-gerik Korea Utara. Direktur CIA Mike Pompeo menilai Korea Utara semakin agresif dan harus diawasi setiap waktunya.

"Unit khusus ini mengarahkan usaha CIA secara langsung melawan ancaman serius dari Korea Utara," kata Mike, dalam sebuah pernyataan, Kamis, 11 Mei 2017 waktu setempat. "Ini juga tantangan bagi kami."

Parade militer Korea Utara. (VOA NEWS)

 

Unit khusus itu tugasnya mengumpulkan dan menganalisa senjata nuklir yang dimiliki Korea Utara. Mike menilai gaman nuklir yang dimiliki Negeri Juche mengancam kedaulatan negara-negara di Asia Pasifik.

Mike mengatakan unit khusus itu akan diisi oleh orang-orang yang kompeten di berbagai bidang. Di antaranya adalah ahli nuklir, siber, dan ilmu pengetahuan lainnya untuk membendung arogansi Korea Utara.

CIA memiliki 10 unit khusus untuk memantau sejumlah negara-negara di dunia. Di antaranya adalah unit khusus untuk Afrika, kontra intelijen, pencegahan terorisme, Asia Timur dan Pasifik, Eropa dan Eurasia, Isu Global.

Uji coba nuklir Korea Utara. (BBC)

 

Kemudian ada unit khusus untuk Timur Tengah, Asia Tengah dan Asia Selatan, unit khusus persenjataan, serta unit khusus negara-negara Barat.

Konflik di Semenanjung Korea sebelumnya berada dalam pengawasan unit khusus Asia Timur dan Pasifik. Namun sehubungan dengan arogansi Kim Jong-un, CIA membentuk unit khusus baru spesialisasi Korea Utara.

Unit khusus itu akan bermarkas di Seoul, Korea Selatan. Mantan analisis senior CIA John Nixon mengatakan unit itu akan memberikan laporan setiap detiknya langsung kepada Presiden Donald Trump.

CIA | CNN | US NEWS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments