hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

12 Mei 2017, 19:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Dua orang karyawan ICON Aircraft, produsen pesawat terbang amfibi asal California, mengalami kecelakaan saat sedang menguji coba pesawat bikinannya di atas Danau Berryessa, Sacramento, Kamis,11 Mei 2017.

Jon Karkow (55), dan Cagri Sever (41) meninggal ditempat setelah pesawat seri A5 yang ditumpanginya terperosok dan menabrak tepian danau. Hingga kini belum diketahui apa penyebab terjatuhnya pesawat bermesin tunggal itu.

ICON meluncurkan A5 pada tahun 2014. Pesawat berkursi dua itu didesain sanggup mendarat di perairan dan daratan. 

Saat diluncurkan, produsen mengklaim siap menjualnya ke pasar komersial. Namun, hingga kini pesawat berbobot 686 kilogram itu belum siap jual dan masih dalam tahap pengembangan.

pesawat terjatuh dan menabrak tepian danau. (KTVU)

"Ini adalah kesedihan terbesar bagi ICON. Kami belum mengetahui kronologi mendetail terkait jatuhnya pesawat A5," ujar Kirk Hawkins, CEO ICON dalam laman Facebooknya.

Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) dan Badan Penerbangan Federal (FAA) Amerika Serikat akan turun langsung menyelidiki kasus ini. 

 A5, pesawat amfibi bikinan ICON Aircraft. (ICON)

A5 adalah prototipe pesawat amfibi bermesin 100 tenaga kuda. Ia sanggup terbang pada kecepatan 193 kilometer per jam hingga jarak 345 mil. A5 memiliki panjang 7,01 meter dan lebar 2,47 meter. Ia dilengkapi sayap sepanjang 10,61 meter yang bisa ditekuk. 

Saat ini ICON telah memproduksi sebanyak 20 pesawat A5. Angka ini masih jauh dari jumlah yang dipesan (1800 unit). Satu unit A5 dibanderol dengan harga US$ 190 ribu atau Rp 2,5 miliar.

ICON | DAILY MAIL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments