hero
Ilustrasi penembakan roket Cina. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

11 Mei 2017, 00:05 WIB

CINA

Tensi dan suhu konflik di Semenanjung Korea yang panas semakin panas dengan aksi militer Cina. Negara terbesar Asia itu melakukan uji coba penembakan misil atau roket di dekat Semenanjung Korea.

"Cina mengonfirmasi sudah melakukan uji coba penembakan roket di sebelah Barat Laut dari Laut Bohai, dekat Semenanjung Korea," tulis laman berita Express, kemarin.

Kementerian Pertahanan Cina mengatakan tes uji coba misil dan senjata itu dilaksanakan oleh Satuan Roket tentara Cina atau People's Liberation Army. Latihan bertujuan untuk meningkatkan reaksi negara terhadap ancaman keamanan yang akan datang.

Aksi Cina ini semakin memperuncing dan meningkatkan suhu konflik di Korea. Amerika juga membangun sistem pertahanan anti misil THAAD di Korea Selatan, sejak bulan lalu. 

Parada kekuatan militer Cina. (REUTERS)

Perkembangan terakhir sebelum uji coba misil Cina itu, Korea Utara menangkap warga negara Amerika keempat. Mereka dituding melakukan tindakan spionase yang membahayakan negeri pimpinan Kim Jong Un itu.

Mereka antara lain Kim Hak Song, Tony Kim alias Kim Sang Duk, Otto Warmbier, dan Kim Dong Chul. Hak Song yang baru ditangkap akhir pekan lalu merupakan akademisi yang bekerja dengan Pyongyang University of Science and Technology (PUST).

Tony Kim ditangkap di Bandara Internasional Pyongyang pada 22 April 2017 silam. Otto divonis 15 tahun penjara dan Dong Chul divonis 10 tahun penjara para April 2016 lampau.

Kim Hak Song (kiri) yang ditangkap Korea Utara akhir pekan lalu. (CNN)

Pengamat internasional menilai penangkapan terhadap warga Amerika ini membahayakan diplomasi damai yang mungkin dilakukan. Bahkan langkah itu bisa menjadi alasan Amerika untuk melancarkan aksi militer.

Pasalnya Kementerian Luar Negeri Amerika menyatakan bahwa keamanan warga negara Amerika merupakan salah satu prioritas tertinggi Negeri Paman Sam itu. Pernyataan itu dikeluarkan pasca penangkapan Hak Song.

EXPRESS | REUTERS | TIME 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments