hero
Kim Jong Un saat parade militer Korea Utara. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

6 Mei 2017, 10:35 WIB

KOREA UTARA

Korea Utara menuding agensi intelejen Amerika atau CIA berupaya membunuh pemimpin tertinggi mereka Kim Jong Un. Serangan terakhir yang direncanakan adalah saat parade militer bulan lalu yang juga dihadiri oleh Jong Un.

Kantor berita Korea Utara KCNA melansir bahwa CIA bersama dinas intelijen Korea Selatan merancang sebuah serangan yang kejam dengan melibatkan senjata biokimia. "Itu metode terbaik tanpa membutuhkan akses langsung ke target," tulis pernyataan itu, Jumat, 5 Mei 2017.

Pernyataan yang disebut dikeluarkan oleh Kementerian Keamanan Korea Utara itu menyebutkan bahwa musuhnya merekrut warga Korea yang bekerja di Rusia. Pria yang disebut bernama Kim itu berencana meledakkan bom saat parade militer berlangsung.

Kantor pusat Langley, Virginia. (INDEPENDENT)

Korea Utara menuding CIA dan intelejen Seoul (ibu kota Korea Selatan) meracuni Kim secara ideologis. "Juga menyuap warga yang bernama Kim itu untuk melancarkan serangan mematikan terhadap pemimpin kami," tulis pernyataan itu.

Meski membocorkan adanya upaya serangan tersebut, sayangnya pernyataan itu tidak memuat bagaimana serangan itu bisa digagalkan. Juga tidak dijelaskan apa yang terjadi terhadap pria yang disebut bernama Kim tersebut.

Pernyataan ini menambah panas tensi di Semenanjung Korea pasca meningkatnya aktivitas militer Amerika dan sekutunya di sana. Persiapan perang semakin intensif dilakukan kedua kubu dalam beberapa pekan terakhir.

Parade militer Korea Utara 15 April 2017. (REUTERS)

Kedutaan Besar Amerika di Seoul belum mengeluarkan respon terhadap tudingan terbaru Korea Utara itu. Selama ini Korea Utara juga kerap mengeluarkan tudingan bahwa Amerika dan sekutunya menyerang wibawa dan hendak menjatuhkan pemerintahan Kim Jong Un.

THE GUARDIAN | WSJ | BBC

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments