hero
Anies dan Sandi di Kota Tua Jakarta, Jumat, 5 Mei 2017. (NET)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

5 Mei 2017, 22:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

KPU DKI Jakarta menetapkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih.

Pasca penetapan, Anies dan Sandi menggelar acara bertajuk Pesan Persatuan Jakarta di Museum Bank Indonesia, kawasan Kota Tua, Jakarta.

Anies Baswedan menyampaikan terima kasih kepada Basuki Tjahaja Purnama, Djarot Saiful Hidayat, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Sylviana Murni. Anies menyebut mereka sebagai mitra dalam Pilkada DKI Jakarta selama delapan bulan terakhir.

Pesan Persatuan Jakarta digelar di Museum Bank Indonesia. (NET)

"Teman berdemokrasi, teman bernegara, ada perbedaan. Tetapi kita bekerja untuk tujuan yang sama, membuat Jakarta yang lebih baik dan lebih adil bagi semua warga," kata Anies, Jumat malam, 5 Mei 2017.

Menurut Anies, pilkada bukan soal mencari kandidat pemimpin daerah, tapi tentang kehidupan warga di Jakarta.  "Warga berdialog, berdebat, saling meyakinkan satu sama lain bahkan berselisih pendapat," kata Anies.

Apa yang dilakukan warga itu, lanjut Anies, dilakukan untuk menentukan pemegang mandat rakyat, bukan mencari suara terbanyak agar jadi pemenang.

Suasana acara Pesan Persatuan Jakarta. (NET)

Karena itu Anies mengajak warga memajukan kota bersama-sama.  "Gubernur dan wakil gubernur bukan sekadar administrator dan penyedia jasa kepada warga sebagai konsumen, tapi menjadikan kepemimpinan sebagai kolaborasi antara pemerintah dan seluruh warga," tuturnya. 

Sandiaga Uno meminta warga bersatu setelah sempat berbeda pendapat dan terpisahkan karena Pilgub DKI Jakarta. Menurut Sandi, kemenangan Anies Sandi adalah kemenangan warga Jakarta dan Pancasila.

"Kini tidak ada lagi nomor tiga, tidak ada lagi nomor dua. Tiga ditambah dua adalah lima, salam bersama. Lima adalah Pancasila," ujar Sandi.

Anies Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno memberikan pidato kemenangan. (ANTARA)

Sementara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menceritakan pertemuannya dengan Anies dan Sandi setelah hasil hitung cepat pilkada rampung. Anies dan Sandi, lanjut Prabowo, menyatakan komitmen mengabdi kepada rakyat. "Itu komitmen mereka dan kita pegang. Itu kita tunggu," ujarnya.

Prabowo mengingatkan keduanya agar memenuhi janji-janji selama masa kampanye.

"Kalau jadi kandidat dan dicalonkan memberikan komitmen dan janji-janji. Begitu menang dan jadi pejabat, jalannya sudah lain (sambil berjalan menunjukkan gaya jalan tegap). Manthuk-manthuk diatur. Kalau jalan ke mobil nunggu dibukain," kata Prabowo diiringi gelak tawa pengunjung.

Ketum Gerindra Prabowo Subianto. (ANTARA)

Prabowo meyakini Anies dan Sandi tidak akan menjadi pejabat seperti yang diceritakannya. Prabowo yakin Anies Sandi mampu menjaga kepercayaan rakyat.

TIM LIPUTAN

 

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments