hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

1 Mei 2017, 08:10 WIB

JEPANG

Kyoto adalah salah satu kota yang menjadi tujuan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Disini kamu bisa melihat keindahan alam yang sangat instagramble! Nah, banyak yang bilang, jalan-jalan ke Jepang itu mahal. Eits, jangan galau, ada tips kece buat kamu yang mau menghemat biaya eksplore kota. Misalnya, dari Tokyo ke Kyoto, gimana caranya biar enggak boros? Ini dia tipsnya:

Jangan Naik Shinkansen!

Yap, untuk berpindah dari Tokyo ke Kyoto, rata-rata para wisatawan memilih naik Shinkansen. Biayanya berkisar antara 13.000 Yen atau sekitar Rp 1.560.000,- sekali jalan. Waktu tempuhnya memang cepat, 2 jam saja. Naik bus malam, harganya 5000 Yen atau sekitar Rp 600.000,-sekali jalan. Ini sebenarnya udah lumayan murah sih dibanding Shinkansen, tapi coba deh beli tiket Seishun 18. Dengan harga 11.850 yen atau Rp 1.430.000,- untuk 5 hari. Tiket ini bisa kamu pakai berlima, jadi masing-masing bayar biaya untuk satu hari aja.

Seru-seruan di kereta dengan teman. (ALL ABOUT JAPAN)
 

Meski secara waktu tempuh lebih lama, kalau kamu naik kereta paling pagi, kamu sudah sampai Kyoto sekitar jam makan siang, kok. Sepanjang perjalanan, kamu ditemani pemandangan alam yang cantik. View Gunung Fuji terbaik bahkan bisa dilihat dari kereta dengan rute Kyoto ini, loh.

Sharing Akomodasi AirBnB

Berbagi penginapan AirBnB. (ALL ABOUT JAPAN)
 

Kamu bakal kaget, jika kamu jalan-jalan beramai-ramai, di Kyoto ada loh, akomodasi dari AirBnB berupa apartemen yang bisa disewa dengan biaya sekitar 1000-2000 Yen atau Rp120.000-240.000,- perorang permalam. Tips lain, jangan lupa beli makanan ringan dulu sebelum pulang ke penginapan. Karena, Kyoto tak seramai Tokyo atau Osaka. Banyak toko yang tutup jam 8 malam. Daripada kelaparan, mendingan nyetok makanan dulu, kan?

Jangan Makan di Restoran, Beli Makanan “on the go”

Kios makanan 100 yen! (ALL ABOUT JAPAN)
 

Kalau kamu liat kios makanan dengan harga 100 Yen atau sekitar Rp 12.000,- jangan ragu untuk membelinya. Ini sangat murah dan cocok untuk kamu yang budgetnya terbatas. Kios semacam ini mudah ditemukan di pintu masuk dan keluar tempat wisata di Kyoto. Menunya juga beragam, mulai dari udon, bakpau, hingga kue beras. Lumayanlah, untuk mengisi perut.

Pilih Wisata di Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO

Taman di Nijo Castle, Salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO di Kyoto. (ALL ABOUT JAPAN)
 

Kyoto terkenal karena kuil-nya yang kece-kece. Tapi, sebenarnya kamu cukup datangi kuil yang ikonik aja deh. Kebanyakan pindah lokasi, bikin biaya membengkak. Lebih baik kamu cari lokasi wisata yang masuk dalam situs warisan budaya dunia UNESCO. Sudah pasti lokasinya cakep, biaya masuknya juga murah, Cuma 300-500 Yen atau sekitar Rp 36.000-60.000,- aja. Kamu bisa berkunjung ke Nijo Castle dan Tenryu-ji.

Enggak Usah Pake Tur untuk Eksplor Tempat Wisata

Hutan Bambu Arashiyama, Kyoto. (ALL ABOUT JAPAN)
 

Buat yang enggak pernah jalan-jalan sendirian, memang galau ya kalau enggak ada tur guide. Apalagi di Kyoto, jarang ada orang yang lancar berbahasa Inggris. Tapi, coba deh kamu mulai berpetualang dari lokasi yang banyak dicari turis, misalnya Hutan Bambu Arashiyama. Disana disediakan peta berbahasa Inggris. Petanya sangat jelas kok, dan mudah diikuti. Jadi kamu menghemat 30.000 Yen atau sekitar Rp 360.000,- biaya tur untuk satu grup. Cukup bayar biaya masuknya aja 300 Yen atau Rp 36.000,- perorang.

Nah, gimana? Udah kebayang kan biaya mengekplor Kyoto kira-kira menghabiskan berapa? Tinggal sesuaikan aja dengan kebutuhan kamu. Selamat berpetualang, ya!

ALL ABOUT JAPAN | KYOTO TRAVEL

 

 

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments