hero
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (AP)

EDITOR : TITO SIANIPAR

1 Mei 2017, 16:20 WIB

FILIPINA

Presiden Filipina Rodrigo Duterte khawatir dengan perkembangan konflik Semenanjung Korea. Duterte mengingatkan Amerika dan sekutunya agar tidak memancing Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un bertindak karena efeknya yang fatal.

"Lelaki itu, Kim Jong-un, benar-benar mengakhiri dunia ini. Itulah mengapa dia sangat bahagia. Dia selalu tersenyum. Dia benar-benar ingin mengakhiri dan membawa semua pihak jatuh bersamanya," kata Duterte, Senin, 1 Mei 2017.

Ucapan Duterte ditujukan kepada Amerika, Korea Selatan, dan Jepang yang berencana mengambil tindakan militer terhadap Korea Utara. Sosok Kim digambarkan Duterte sebagai seseorang yang sudah tidak sabar untuk menembakkan peluru.

"Tapi saya tidak bisa masuk ke dalam pikiran dia karena saya benar-benar tidak tahu apa yang sedang dipikirkannya. Yang pasti, dia meletakkan bumi dalam posisi yang bahaya. Planet ini akan jatuh ke dasar yang paling kelam jika perang terjadi," kata Duterte.

Tentara Korea Utara yang kini siaga penuh. (AP)

Oleh karena itu, Duterte mengatakan sebaiknya Presiden Amerika Donald Trump tidak memancing Kim untuk memulai perang nuklir mereka. Duterte berjanji akan membicarakannya dengan Trump agar tidak sembarangan bertindak terhadap Korea Utara.

Meski begitu, Duterte sendiri tidak yakin Trump adalah orang yang bisa dipersuasi demi kepentingan umat manusia. "Tampaknya kedua negara ini sedang bermain dengan mainan mereka. Tapi naasnya mainan mereka tidak menghibur sama sekali," kata Duterte.

Tak cuma Filipina, beberapa negara lainnya juga khawatir dengan perkembangan konflik Semenanjung Korea yang bisa berujung pada perang nuklir. Jauh di Eropa sana, bahkan. Inggris mulai mengaktifkan kembali bunker penampungan.

Presiden Trump berandil besar jika perang terjadi. (AP)

Pengaktifan bunker-bunker yang ada jauh di bawah tanah itu dilakukan pasca pembangunan THAAD Amerika di Korea Selatan. THAAD atau Terminal High Altitude Area Defense adalah sistem pertahanan rudal Amerika bisa menangkal rudal yang ditembakkan lawan.

NEWS.COM | REUTERS | EXPRESS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments