hero

EDITOR : MATHILDA RINALDI

22 April 2017, 16:00 WIB

INDONESIA

Mulai dari biaya hidup yang semakin meningkat, berita hoax dimana-mana, sampai kesibukan kerja sehari-hari ternyata memungkinkan seseorang rentan mengalami stres.

Bicara tentang stres, tidak sedikit penelitian yang mengatakan bahwa stres secara berkelanjutan dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti serangan jantung, stroke, dan lainnya lho.

Dari pada mengeluarkan banyak uang untuk pengobatan penyakit yang diakibatkan oleh stres, lebih baik memanfaatkan teknologi yang ada di jaman modern ini untuk mengurangi stres tersebut.

Dirangkum dari NBC News, berikut adalah 5 gadget yang dapat membantu kamu mengurangi stres.

1. Spire
Merupakan perangkat yang dapat membantu menyadari dan mengurangi stres dengan cara melihat pola pernapasan, langkah kaki, sampai kalori penggunanya. Alat yang berbentuk seperti batu kecil ini dapat dipakai di sela sabuk atau bra.

Spire dapat memberitahu kapan penggunanya sedang tegang atau tidak. Jika sedang tegang, Spire akan menawarkan panduan meditasi singkat dan latihan pernapasan untuk mengurangi stres. (NBC)

Gadget ini juga dapat mengirimkan pemberitahuan secara real-time karena memiliki aplikasi pendamping (iOS atau Android), tetapi Spire lebih memfokuskan pada kesehatan mental penggunanya daripada kebugaran.

2. Leaf Urban
Gadget yang dapat dikenakan sebagai gelang atau kalung ini dapat merekam berbagai aktivitas sehari-hari penggunanya. Mulai dari waktu tidur, sampai siklus menstruasi, semua bertujuan untuk mendapatkan gambaran lengkap dari pola hidup penggunanya secara keseluruhan.

Leaf Urban akan mengingatkan jika penggunannya kurang tidur atau kurang berolahraga. Gadget ini memprediksi bagaimana perubahan kebiasaan sehari-hari penggunanya dapat mengakibatkan stres. (NBC)

Setelah Leaf Urban mengetahui pola hidup penggunanya, gadget ini akan memberikan wawasan tentang apa saja yang menyebabkan stres dan membantu menghentikannya sebelum terjadi.

3. The MUSE brain-sensing headband
Kalau kamu sulit untuk tetap fokus saat bermeditasi, The MUSE bisa jadi perangkat yang cocok. Gadget ini memandu membantu penggunanya untuk melalui proses tersebut, memberikan umpan balik secara real-time pada apa yang terjadi di dalam otak penggunanya saat bermeditasi.

Menggunakan sensor EEG, gadget ini dapat melacak apakah otak penggunanya dalam keadaan tenang atau aktif selama meditasi. (NBC)

Jika tidak fokus selama meditasi, gadget ini akan memutarkan musik yang bernada damai agar kembali ke keadaan lebih tenang.

4. iHome's Zenergy Sleep Therapy Machine
Zenergy adalah jam alarm dengan dilengkapi dengan cahaya dan fitur terapi suara, cocok untuk yang ingin mengurangi stres sebelum tidur. Gadget ini akan mengeluarkan musik dan spektrum warna yang senada dengan tujuan untuk menciptakan suasana yang menenangkan sehingga dapat tidur dengan nyenyak.

The Zenergy memiliki program terapi cahaya yang dirancang untuk bekerja dengan ritme agar meningkatkan energi dan suasana hati sepanjang hari. (NBC)

Dan karena belajar bagaimana menggunakan teknologi kadang-kadang bisa stres, fungsi semua bisa dikontrol dalam aplikasi pendamping. 

5. Kardia
Terlalu memikirkan tentang masalah kesehatan, terkadang justru membuat seseorang menjadi lebih stres. Gadget bernama Kardia ini dapat membantu penggunanya melacak irama jantung, denyut jantung, tekanan darah, bahkan seluruh rekaman jantung penggunanya.

Kardia merupakan gadget kesehatan yang user friendly, karena pemakaiannya sangat mudah. (NBC)

Kerennya lagi, gadget ini hanya berukuran sebesar kartu ATM dan dapat ditempelkan di ponsel pintar penggunanya.

NBC NEWS

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments