hero
Leonardo Jardim dinilai brilian. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

20 April 2017, 17:20 WIB

PRANCIS

Sebagai pelatih asal Portugal, nama Leonardo Jardim memang kalah pamor ketimbang Jose Mourinho. Jardim baru mengibarkan namanya di kancah elit Eropa musim ini, pasca AS Monaco melangkah ke semifinal Liga Champions.

Kemenangan 3-1 pada laga laga kedua perempat final di Stadion Louis II atas Dortmund, Kamis, 20 April 2016 dini hari, membulatkan keunggulan agregat 6-3. Di Dortmund, Jardim juga membawa Monaco unggul 3-2.

Meskipun bermaterikan sebagian besar pemain muda seperti Kylian Mbappe, Jardim sangat percaya dengan skuadnya. Pilihannya untuk tetap bermain menyerang terbukti berhasil setelah Kylian Mbappe (kembali) mencetak gol ke gawang Dortmund dini hari tadi.

Monaco sukses ke empat besar Champions. (TWITTER/asmonaco)

Jardim mengatakan bahwa kunci sukses Monaco ada pada rasa selalu tak puas para pemainnya. Meskipun telah unggul secara agregat, menurut dia, Monaco tak puas dan ingin terus mencetak gol hingga pertandingan berakhir. 

"Kami bermain sangat solid, kami berhasil mengontrol pertandingan dan menunjukan ambisi kami. Kami terus ingin mencetak gol, itulah cara kami bermain. Itu ada dalam DNA kami," ujarnya.

Karir Jardim sebagai pelatih, dimulai dari klub kecil Portugal, Beira-Mar pada 2009 lalu. Dia sempat menangani Olympiakos di Yunani, sebelum kembali ke Portugal untuk membesut Sporting Lisbon. Jardim menangani Monaco sejak 2014, menggantikan Claudio Ranieri yang didepak.

Jardim bersama timnya. (TWITTER/asmonaco)

Keberadaan Jardim menandai reformasi di Monaco. Dia berani membuang pemain bintang macam James Rodriguez dan Radamel Falcao pada awal kedatangannya. Sempat mendapat kritikan tajam, ia bergeming. Keputusannya berinvestasi kepada para pemain muda jalan terus.

Pada dua tahun pertama dia tak sukses. Baru pada awal musim ini Jardim menunjukan tajinya. Keputusannya mempercayai pemain muda berhasil. Selain Mbappe, Monaco memiliki segudang pemain muda seperti Bendjamin Mendy, Dibril Sidibe, Fabinho, Tiemoue Bakayoko, Thomas Lemar, serta Bernardo Silva. 

Digadang ke Arsenal. (SKYPORTS)

Dia berhasil membawa Monaco memuncaki Liga Prancis saat ini meskipun memiliki angka yang sama dengan PSG. Dia juga berhasil mencuri perhatian di Liga Champions dengan membuat AS Monaco dianggap sebagai lawan yang patut ditakuti di babak semifinal. 

Pujian terhadap Jardim pun meluncur dari Thierry Henry. Mantan punggawa Monaco dan Arsenal itu menilai Jardim sebagai pelatih yang layak menggantikan Arsene Wenger di Arsenal. "Apa yang dilakukan Jardim di Monaco musim ini sangat hebat. Saya yakin dia akan membawa gelar bagi Monaco musim ini," ujarnya. 

UEFA | ESPNFC | SQUAWKA 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments