hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

19 April 2017, 17:30 WIB

INGGRIS

Punya tubuh langsing dan ideal tentu menjadi dambaan semua orang, khususnya perempuan. Beragam cara dilakukan untuk mendapatkannya. Mulai dari berolahraga sampai menjaga pola makan atau diet.

Clean eating diet merupakan jenis diet yang populer dalam beberapa tahun belakangan. Ketika seseorang menjalani diet ini, ia akan mengurangi atau tidak mengonsumsi makanan yang sudah melalui proses pengolahan berlebihan. Selain itu, ia juga akan mengurangi konsumsi gula dan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan bahan pengawet.

Clean eating diet berisiko merusak kesehatan tulang. (PIXABAY)

Clean eating diet banyak dijalani oleh para selebriti Hollywood dan menjadi populer di kalangan remaja, termasuk di Indonesia. Di luar jitunya diet ini untuk mengurangi berat badan, ternyata pola makan sehat ini memiliki risiko bagi kesehatan tulang.

Sebuah survei yang dilakukan oleh The National Osteoporosis Society (NOS) mengatakan jika empat dari sepuluh orang berusia 18 sampai 24 tahun sudah mencoba clean eating diet. Kemudian, satu dari lima orang di rentang usia tersebut telah mengurangi konsumsi susu dan olahannya yang mengandung kalsium, yang sebetulnya berguna untuk membentuk jaringan tulang.

Clean eating diet berisiko merusak kesehatan tulang. (WEB MD)

Susan Lanham-New, salah satu Penasihat NOS dan Kepala Ilmu Gizi Universitas Surrey Inggris mengatakan jika banyak orang yang menerapkan diet ini dengan asupan nutrisi yang salah. Mereka cenderung mengikuti sumber dari media sosial yang bukan ahli gizi.

"Fondasi kesehatan tulang dibentuk sejak bayi hingga akhir usia 20-an. Mendapat asupan kalsium yang rendah dalam waktu cukup lama di usia tersebut dapat berisiko osteoporosis di kemudian hari dan meningkatkan risiko patah tulang di usia muda," ujar Susan Lanham-New.

Clean eating diet berisiko merusak kesehatan tulang. (MEN'S HEALTH)

Kamu masih bisa kok menerapkan pola makan sehat tanpa harus khawatir akan kesehatan tulang. Daripada mengikuti anjuran dari sumber yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, lebih baik kamu konsultasi ke dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan pola makan yang sehat.

MEN'S HEALTH | BUSINESS INSIDER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments