hero
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menang berdasar hasil hitung cepat. (ANTARA)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

19 April 2017, 17:10 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto menyampaikan ucapan selamat kepada Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Dari hasil hitung cepat, kata Prabowo, DKI Jakarta memiliki gubernur dan wakil gubernur baru. 

"Baru saja kita dapat berita bahwa 90 persen dari quick count sudah masuk. Dan menunjukkan bahwa DKI Jakarta mendapat gubernur dan wakil gubernur baru," kata Prabowo dalam konferensi pers di kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 19 April 2017.

Menurut Prabowo, kemenangan Anies dan Sandiaga merupakan kemenangan seluruh warga DKI Jakarta. "Ini kemenangan demokrasi," tambah dia.

Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno. (NET)

Kemenangan Anies-Sandi di hitung cepat, kata Prabowo, tidak lepas dari dukungan beberapa tokoh nasional. Prabowo menyebut satu persatu tokoh, mulai dari Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman, Ketua Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, Ketua Perindo Hary Tanoesoedibjo, Amien Rais, Aburizal Bakrie, Erwin Aksa, hingga Mardani Ali Sera

Sementara Anies Baswedan mengatakan fase yang akan dilalui masih panjang. "Ikhtiar kita yang sesungguhnya mengembalikan dan menghadirkan keadilan bagi warga Jakarta," kata Anies.

Anies mengungkapkan komitmennya untuk menghadirkan keadilan sosial dan menjaga kebhinekaan di Jakarta. Selain itu, kata Anies, juga memperjuangkan persatuan di Jakarta.

"Kita akan terus bersahabat dan berteman. Pak Basuki dan Pak Djarot adalah putra terbaik bangsa Indonesia yang sudah mengabdi. Dan kita akan terus bekerja sama meneruskan pengabdian," ungkap Anies.

Anies Baswedan di kediaman Prabowo. (NET)

Sandiaga Uno mengatakan hal pertama yang akan dilakukan adalah berkomunikasi dengan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat.

"Kami minta waktu untuk bisa bersilaturahim dengan Pak Basuki dan Pak Djarot. Kita semua bersahabat," ujar Sandiaga.

Dari hasil sementara hitung cepat beberapa lembaga survei, Anies-Sandi mengungguli Ahok-Djarot. Hitung cepat Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Anies-Sandi memperoleh 58,31 % dan Ahok-Djarot memperoleh  41,69 %. Total suara masuk sebanyak 98 %.

TIM LIPUTAN

 

14

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments