hero
Gol kemenangan Arsenal oleh Oezil. (TWITTER/arsenal)

EDITOR : TITO SIANIPAR

18 April 2017, 14:45 WIB

INGGRIS

Arsenal menang 2-1 di kandang Middlesbrough Selasa, 18 April 2017 dini hari. Pelatih Arsene Wenger membuat kejutan dengan menurunkan formasi baru 3-4-3 untuk timnya.

Wenger memasang Rob Holding, Laurent Koscielny, dan Gabriel sebagai trio bek tengah. Ia mendorong Nacho Monreal menjadi sayap kiri dan Oxlade-Chamberlain sayap kanan.

Meski belum terlalu nyaman dengan formasi anyar itu, Arsenal unggul menit ke-43 lewat tendangan bebas Alexis Sanchez. The Boro menyamakan lewat Alvaro Negredo menit ke-50. Kemenangan Arsenal ditentukan Mesut Ozil pada menit ke-71. 

Mantan bek Arsenal Martin Keown mengkritik perubahan strategi oleh Wenger. Menurut dia, para pemain belakang masih belum paham betul formasi Antonio Conte di Chelsea itu. 

Gol tendangan bebas Sanchez. (TWITTER/arsenal)

Selain itu, menurut dia, Arsenal tak memiliki gelandang yang cukup kuat untuk menjadi tembok pertahanan di depan 3 bek tengah. Ramsey dan Xhaka tak cukup baik sebagai gelandang jangkar.

"Jika Arsenal menggunakan formasi seperti ini melawan tim yang lebih kuat dari Middlesbrough maka gelandang tengah harus seperti Nemanja Matic dan N'Golo Kante di Chelsea," ujar Keown. 

Lini pertahanan memang menjadi isu utama bagi Arsenal. Total dalam 5 laga terakhir mereka telah kebobolan 9 gol. 

Wenger bergeming. Menurut dia, racikan anyar itu lebih stabil ketika menghadapi umpan-umpan panjang. Arsenal tak lagi mementingkan penguasaan bola yang dominan seperti pada laga terdahulu.

Gol Boro lewat Negredo. (REUTERS)

"Saat melawan Palace dan West Brom kami menguasai bola hingga 70 persen dan kami kalah," kata Wenger. "Kami ingin menguasai bola. Tapi saat tim kurang percaya diri, perubahan formasi bisa memberi perbedaan."

Kemenangan itu membuat peluang Arsenal untuk merebut tiket Liga Champions musim depan lebih terbuka. Mereka naik 1 peringkat ke posisi 6 menggeser Everton dengan perolehan angka sama.

DAILYMAIL | SOCCERWAY

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments