hero

EDITOR : MATHILDA RINALDI

16 April 2017, 11:15 WIB

INDONESIA

Sejauh ini belum ada makanan yang bisa menghentikan perkembangan kanker. Namun makanan bergizi berikut ini bisa kamu santap untuk memulai langkah pencegahan, sesuai yang dilansir oleh Oprah.com.

1. Sayuran
Menurut Johanna Lampe, Kepala Divisi Program Pencegahan Kanker di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, Amerika Serikat, sayuran secara konsisten terkait dengan rendahnya risiko orang terkena kanker usus besar.

Saat kamu mencerna sayuran, senyawa yang disebut isothiocyanate terbentuk dan dapat bekerja melawan kanker dengan sejumlah cara. Sayuran juga membantu untuk proses penguraian mata rantai sel kanker hingga mati, serta menyingkirkan karsinogen yang bisa memicu kanker secara cepat.

2. Kopi
Menurut
Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention meminum lima cangkir kopi atau teh setiap hari dapat berkontribusi menurunkan resiko terkena kanker otak, mulut, dan tenggorokan. Selain itu kopi juga dapat merendahkan resiko kamu menderita glioma atau tumor otak.

Sebuah studi di studi di American Journal of Epidemiology juga menyatakan hal yang sama. Kalau minum 4 cangkir kopi sehari atau lebih, risikonya 49 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi atau hanya sekali sehari.

3. Kalsium
Wanita akan memiliki resiko 30% lebih rendah terkena kanker usus besar jika mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Penelitian ini dilakukan oleh 
Archives of Internal Medicine terhadap 200 ribu responden perempuan.

Risiko kanker usus besar kira-kira 28% lebih rendah pada wanita yang mendapatkan 800 sampai 1.000
miligram kalsium per hari dibandingkan dengan mereka yang hanya 400 sampai 500 miligram per hari.

Para ahli memang ada yang belum yakin bagaimana kalsium dapat berfungsi melawan kanker, tapi kalsium punya potensi untuk mencegah pembelahan sel yang di luar kendali. Namun buat lelaki, harap diingat bahwa kalsium yang tinggi berpotensi meningkatkan risiko kanker prostat.

4. Bawang Putih
Banyak penelitian yang telah mengaitkan khasiat makan bawang putih. Bawang putih dan sayuran sejenisnya berpeluang untuk menurunkan resiko kanker perut, usus besar, kanker pankreas, dan kanker kepala dan leher.

Sesuai dengan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memakan satu siung bawang putih setiap hari merupakan awal yang baik untuk menjaga kesehatan.

5. Tomat
Tomat dan turunannya seperti saus tomat ternyata sanggup menekan potensi kanker paru-paru dan perut. Selain itu tomat juga menurunkan potensi munculnya Berbahagialah kalau kamu menyukai tomat dan produk turunannya seperti 
kanker pankreas, usus besar dan rektum, esofagus, mulut, payudara dan leher rahim.

John Erdman, seorang profesor di departemen ilmu makanan dan nutrisi manusia di University of Illinois mengatakan bahwa sementara antioksidan lycopene mungkin adalah senyawa yang paling penting dalam
tomat.

OPRAH.COM

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments