hero
Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

14 April 2017, 00:05 WIB

KOREA UTARA

Pemimpin Tertinggi Korea Utara memerintahkan evakuasi warga ibu kota Pyangyang sesegera mungkin. Semua terkait meningkatnya eskalasi konflik dengan Amerika yang diduga akan berujung perang.

Surat kabar Rusia Pravda, Kamis, 13 April 2017, melaporkan setidaknya 600 ribu warga Pyongyang dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Itu merupakan seperempat dari populasi kota.

"Media di Korea Selatan menyebut penduduk Korea Utara sudah mengucapkan selamat jalan satu sama lain. Mereka khawatir dengan konsekuensi uji coba senjata yang lalu," tulis laman Express.

Tentara Korea Utara dan rudal. (VOANEWS)

Indikasi lain bahwa tensi semakin tegang yang mengarah ke perang adalah pemberitahuan kepada para jurnalis. Saat ini ada sekitar 200 jurnalis asing di Pyongyang.

Para jurnalis ini diberitahu akan ada peristiwa besar dan penting pada perayaan nasional Korea Utara yang dikenal dengan sebutan Hari Matahari. 15 April 2017 adalah perayaan ulang tahun pemimpin Kim Il Sung ke-105.

Kim Jong-un bersama tentara Korea Utara. (REUTERS)

"Kami diberitahu untuk bersiap keluar pada pukul 06.20. Tapi tidak tahu kenapa. Juga melarang membawa telepon seluler," kicau koresponden Channel News Asia Jeremy Koh.

Otoritas Korea Utara sudah pernah mengingatkan perang nuklir bisa meletus kapan saja berkat ketegangan di Semenanjung Korea. Kapal perang Amerika sudah berada di sana.

Keberadaan kapal induk Amerika memperuncing situasi. (REUTERS)

Terkait perkembangan tersebut, Cina tak tinggal diam. Naga Asia itu mengirim 150 ribu tentaranya menyokong Korea Utara. Pengerahan itu bersamaan dengan serangan 59 rudal Tomahawk Donald Trump ke Suriah, beberapa waktu lalu.

REUTERS | PRAVDA | EXPRESS

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments