hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

13 April 2017, 20:10 WIB

INDONESIA

Lagi bingung mau liburan kemana? Cobain deh mengeksplor keindahan alam Indonesia. Kamu bakal kaget, karena keindahannya super kece dan terbentuk alami. Nah, berikut ada beberapa pilihan lokasi wisata terindah di Indonesia, seperti yang dilansir Lonely Planet.

1. Taman Nasional Komodo
Pulau ini memang gersang, tapi di sinilah kamu bisa menyaksikan hewan komodo, kadal terbesar di dunia yang bisa tumbuh hingga 3 meter panjangnya. Setibanya kamu di kamp utama Loh Liang, kamu bisa langsung lihat komodo-komodo besar di pinggir pantainya. 

 

2. Taman Nasional Tanjung Puting
Tanjung Puting terletak di Kalimantan Selatan, dan untuk mencapainya kamu bakal melalui perjalanan kapal sepanjang Sungai Sekoneyer selama tiga hari menuju Kamp Leakey. Kamp Leakey ini adalah pusat rehabilitasi untuk orang utan yang pernah ditawan dan pelatihan untuk hidup bebas di alam liar. Selain mengunjungi pemberhentian di tempat Orang Utan makan, kamu juga bisa menikmati pemandangan burung-burung eksotis seperti burung Pekaka dan burung Enggang di tepi sungai. Kamu juga bisa sewa jasa operator lokal buat menyusun private-trip di rumah kayu khas Sekoneyer yang disebut klotok. 

3. Raja Ampat
Raja Ampat, surganya dunia bawah laut. Eksotisme kekayaan laut hidup di bawah air yang tembus pandangan mata. Jajaran bukit, hutan tropis yang mengelilingi teluk-teluk dan pulau-pulau kecil menyempurnakan keindahan laut biru Raja Ampat ini. Wajib banget menyelam di perairannya. Namun, buat yang tidak bisa menyelam, bisa menikmati keindahan lautnya dengan snorkelling, kayaking, menikmati beragam burung indah di sana (birdwatching), atau berkeliling pulau dengan kapal terbuka. 

4. Gunung Bromo
Indonesia memang memiliki banyak gunung vulkanis, tapi Gunung Bromo adalah salah satu yang eksepsional karena keindahannya .Luas kawahnya mencapai 10 km dengan pasir dan debu vulkanis yang menyelimuti tebing kawah. Pemandangan terbaik di Gunung Bromo bisa dinikmati pada saat matahari terbit di mana kita bisa meliat lanskap Pulau Jawa dalam remangnya langit pagi dini hari. 

5. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani adalah gunung vulkanis tertinggi kedua di Indonesia dengan tinggi 3726 meter. Kemegahannya mendominasi pemandangan pulau Lombok bagian utara. Danau yang mengelilingi kaldera gunung ini seluas 6 km dan menjadi tempat sakral bagi penduduk suku Sasak Lombok dan umat Hindu di sana. Untuk menaikki gunung ini, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3 hari 2 malam. 

6. Danau Toba
Nah, di pulau Sumatra, ada Danau Toba. Danau ini  merupakan danau vulkanis terbesar di dunia dengan warna air yang biru menyerupai laut, dengan panjang hingga 100 km. Pulau Samosir di tengah danau ini menjadi rumah bagi penduduk suku Batak. Jalanan di sepanjang tepi Danau Toba cukup mulus sehingga sangat menarik bagi pecinta bersepeda yang ingin mengeksplor Danau Toba. 

7. Taman Nasional Kelimutu
Terletak di sebelah timur Pulau Flores, keajaiban alam terindah dari taman nasional ini adalah danau vulkanis dengan tiga warna di puncak Kelimutu. Pemandangan paling kece bisa didapatkan menjelang terbitnya matahari. Pada saat itu biasanya dua warna air danau bisa ikut berganti melengkapi indahnya warna turqoise keseluruhan danau. 

 

LONELY PLANET | THE CULTURE TRIP

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments