hero
Pelatih MU Jose Mourinho. (TWITTER/manutd)

EDITOR : TITO SIANIPAR

13 April 2017, 18:45 WIB

INGGRIS

Manchester United menyambangi Anderlecht di Stadion Constant Vanden Stock pada laga pertama perempat final Liga Eropa, Jumat, 14 April 2017 dini hari. Para pemain bermasalah.

United terbang ke Brussel dengan masalah yang dialami 3 pemainnya: David de Gea, Antonio Valencia dan Ashley Young. Wayne Rooney, Chris Smailing, Juan Mata dan Phil Jones juga tak ikut dalam rombongan.

Mourinho sepertinya akan menurunkan Sergio Romero untuk menggantikan David de Gea. Kiper asal Argentina itu berhasil menjaga gawang United perawan dalam 6 dari 7 laga Liga Eropa musim ini. 

"Cedera De Gea tak serius dan Romero selalu bermain baik setiap diberikan kesempatan," kata Mourinho. "Liga Eropa menjadi kompetisi terpenting bagi kami setelah memenangkan Piala Liga," ujarnya. 

Pemain MU jelang lawan Anderlecht. (TWITTER/manutd)

Masalah cedera itu membuat The Special One harus memeras otak lebih keras. Pasalnya dia juga harus menyimpan tenaga menghadapi laga penting lainnya di Liga Inggris akhir pekan nanti melawan Chelsea.

Kedua laga itu sama pentingnya bagi United demi mengamankan tiket Liga Champions musim depan. Liga Eropa sangat menjanjikan karena United adalah favorit utama menjadi juara, karena pesaingnya hanya klub kasta kedua seperti Lyon dan Celta Vigo.

Namun mereka tak boleh meremehkan Anderlecht yang akan jadi lawan mereka dini hari nanti. Klub Belgia ini punya rekor yang bagus kala bermain di kandang dengan menang 5 kali dari 6 laga terakhir.

Laga MU akhir pekan lalu. (TWITTER/manutd)

United juga punya kenangan buruk saat bertemu Anderlecht di Liga Champions tujuh belas tahun silam. Mereka dibungkam 1-2 di kandang lawan, meski akhirnya mampu membalas 5-1 di Old Trafford. 

Secara materi pemain, Anderlecht tak ada bintang, dan hanya pemain-pemain muda berbakat. Salah satunya adalah Youri Tielemans, gelandang 19 tahun yang sempat masuk timnas Negeri Cokelat itu.

Dia merupakan pemain termuda Belgia yang bermain di Liga Champions pada musim 2013. Saat itu dia masih berusia 16 tahun 148 hari. Musim ini dia telah mencetak tiga gol dan malah diberi kepercayaan menjadi kapten tim.

"Sangat istimewa bagi kami bisa menikmati tiga musim terakhir yang dipenuhi pemain-pemain berbakat," kata Direktur Teknik Anderlecht, Herman van Holsbeeck. 

Anderlecht yang siap memberi kejutan. (TWITTER/rscanderlecht)

Klub yang menghasilkan Marruaone Fellaini ini juga punya striker tajam asal Polandia Lukasz Teodorczyk. Sudah lima gol ia buat di Liga Eropa, sama dengan bintang Manchester United Zlatan Ibrahimovic.

"Jika para pemain Anderlecht berada dalam keadaan 100 persen, Kamis ini akan menjadi laga yang tak mudah bagi Manchester United," kata Philippe Albert, bekas pemain Anderlecht.

Inilah dilema bagi Mourinho. Harus memilih: berjuang dan kehabisan energi saat melawan Chelsea, atau menyimpan tenaga demi melawan Chelsea dan berharap pada laga kedua di kandang pekan depan. 

MANCHESTER EVENING NEWS | UEFA | ESPNFC

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments