hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

13 April 2017, 15:15 WIB

JEPANG

Jepang kembali menciptakan robot android yang mirip dengan manusia. Robot buatan Hiroshi Ishiguro, Profesor dari Osaka University, bersama rekannya, Dylan Glas itu diberi nama Erica.
 
Robot ini berwujud menyerupai perempuan cantik berusia 23 tahun. Selain cantik, ia memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik.

"Erica adalah robot yang ciri-cirinya paling mendekati manusia,” ujar Ishiguro.

Erica berbeda jika dibandingkan kreasi Ishiguro lainnya. Ia memiliki kemampuan bahasa tubuh yang tidak dimiliki robot-robot lain.

Saat berbicara, Erica mampu memberikan kesan natural layaknya seorang manusia. Ia juga bisa mengedipkan mata, memiringkan kepala, membentuk mimik wajah yang mengikuti emosi, hingga menggerakan bibir. 

Meski mirip dengan manusia. Erica belum sempurna seutuhnya. Kaki dan tangannya masih kaku, belum bisa bergerak dengan leluasa. 

Erica memiliki kemampuan mengolah bahasa tubuh layaknya manusia. (MASHABLE)

Erica adalah robot hasil kerjasama antara The Japan Science and Technology Agency, Osaka University, the Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) dan Kyoto University.
 
Ishiguro dan Glas terus bekerja keras menyempurnakan Erica. Mereka bercita-cita menjadikan Erica sebagai robot yang sanggup berinteraksi dengan manusia. Menjadikannya mahluk sosial. 

MASHABLE | THE GUARDIAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments